10 Jurusan Sepi Peminat di UI, ITB, dan UGM, Peluang Lolos di PTN Terbaik Terbuka Lebar

Senin, 05 Desember 2022 - 01:26 WIB
loading...
10 Jurusan Sepi Peminat di UI, ITB, dan UGM, Peluang Lolos di PTN Terbaik Terbuka Lebar
Universitas Indonesia (UI). Foto/Dok/Humas UI
A A A
JAKARTA - Perguruan tinggi negeri ( PTN ) masih menjadi tujuan utama bagi para lulusan SMA yang ingin melanjutkan studi. Baik itu SNBP, SNBT, atau Seleksi Mandiri PTN selalu diminati oleh para calon mahasiswa, sehingga memiliki tingkat keketatan yang tinggi.

Calon mahasiswa yang ingin kuliah di PTN harus memiliki strategi jitu agar bisa lolos dalam seleksi masuk perguruan tinggi negeri dambaannya, seperti Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Gadjah Mada(UGM).

Baca juga: SNBT 2023, Ini Jadwal UTBK dan Syarat Memilih Prodi

Banyak calon siswa yang gagal untuk masuk PTN bukan karena kurang pintar, melainkan karena strategi yang kurang tepat dalam memilih program studi di universitas negeri tujuan.

Nah untuk itu, kalian harus tahu minat pribadi sebelum mendaftar ke PTN. Kalian harus jeli dalam mengenali kemampuan diri, dan membandingkannya dengan program studi dan PTN yang dipilih. Kemudian, asah kemampuan tersebut sambil mencermati tingkat keketatan prodi.

Selain harus menyesuaikan dengan bakat dan minat, jurusan kuliah yang kurang diminati juga bisa menjadi alternatif untuk jadi pilihan. Jika kalian mendaftar di jurusan kuliah yang kurang diminati mahasiswa pada umumnya, kemungkinan lolosnya akan semakin lebar.

Baca juga: Ini 32 Perusahaan BUMN yang Buka Lowongan di Rekrutmen Bersama Batch 2 2022

Lalu apa saja jurusan SNBP, SNBT, atau Seleksi Mandiri yang jarang diminati itu? Beberapa jurusan yang jarang diketahui ini ada di beberapa kampus ternama. Misalnya seperti UI, UGM, hingga ITB.

Jurusan Kuliah yang Jarang Diminati di UI

Universitas Indonesia (UI) sendiri jadi salah satu kampus dambaan banyak calon mahasiswa. Lokasinya ada di Depok dan memiliki banyak kemudahan akses ke semua fasilitas yang diperlukan. Setidaknya ada 10 jurusan yang jarang diminati di kampus ini.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3139 seconds (11.210#12.26)