5 PTN akan Membuka Jurusan Kedokteran, 4 Kampus Ada di Jawa Timur

Sabtu, 10 Desember 2022 - 07:30 WIB
loading...
5 PTN akan Membuka Jurusan Kedokteran, 4 Kampus Ada di Jawa Timur
Ada 5 PTN yang berencana membuka jurusan kedokteran, empat PTN berlokasi di Jawa Timur. Foto/Ist.
A A A
JAKARTA - Lima perguruan tinggi negeri ( PTN ) di Indonesia dikabarkan akan membuka jurusan kedokteran. Dari lima PTN, ada empat PTN di Jawa Timur yang akan membuka jurusan yang dikenal banyak peminatnya di berbagai jalur penerimaan mahasiswa baru ini.

Fakultas Kedokteran sebetulnya sudah banyak dibuka di PTN. Misalnya di Universitas Indonesia, Universitas Hasanuddin, Universitas Sriwijaya, Universitas Padjadjaran, dan UIN Jakarta. Kemudian khusus di Jawa Timur, PTN yang sudah membuka jurusan Kedokteran adalah Universitas Airlangga (Unair), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Jember, dan UIN Malang.

Kali ini ada lima kampus negeri yang kabarnya akan membuka Fakultas Kedokteran, dan empat di antaranya berlokasi di Jawa Timur. Rencana tersebut tentu menjadi kabar baik karena akan semakin banyak pilihan kampus bagi mahasiswa baru yang ingin studi di jurusan Kedokteran.

Baca juga: Kerennya Mahasiswa UGM Belajar Strategi Bisnis ke Klub Bola Manchester City

Berikut ini informasi mengenai pembukaan program studi kedokteran di 5 PTN tersebut seperti ditelusuri SINDOnews.

1. Universitas Negeri Malang (UM)

UM dikabarkan tengah mempersiapkan untuk segera membuka Fakultas Kedokteran. Studi banding pun dilakukan kepada sejumlah perguruan tinggi. Laman UM menyebutkan, studi komparasi dilakukan UM ke FK Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) pada Februari 2020 lalu.

Sementara laman Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) menjelaskan jika FK UNS resmi menjalin kerja sama dengan UM sehingga FK UNS akan menjadi fakultas pembina bagi prodi Kedokteran UM.

Adapun rencana pembukaan Fakultas Kedokteran di UM ini seiring dengan berubah statusnya UM menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) sehingga akan ada fakultas-fakultas baru yang akan didirikan. Salah satunya adalah Fakultas Kedokteran dan Kesehatan.

2. IPB University
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0784 seconds (0.1#10.140)