Uniknya Wisuda Kampus ISI Yogyakarta, Berasa Festival Budaya dan Atraksi Seni

Kamis, 15 Desember 2022 - 15:06 WIB
loading...
Uniknya Wisuda Kampus ISI Yogyakarta, Berasa Festival Budaya dan Atraksi Seni
Kemeriahan wisuda tergokil se-Indonesia Kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Foto tangkapan layar.
A A A
YOGYAKARTA - Wisuda menjadi momen resmi yang selalu dinanti mahasiswa tingkat akhir. Sebab, wisuda menjadi tanda mahasiswa telah dinyatakan menyelesaikan masa studinya di kampus.

Jika biasanya momen wisuda hanya dilaksanakan dengan serangkaian acara seremonial yang formal di dalam gedung, namun berbeda dengan wisuda yang dilakukan mahasiswa kampus Institut Seni Indonesia ( ISI ) Yogyakarta.



Kampus ISI Yogyakarta memiliki acara wisuda yang berbeda, bahkan terbilang unik. Acara wisuda di kampus ISI justru terlihat layaknya sebuah festival budaya dengan beragam atraksi seni.

Belakangan ini, banyak sekali unggahan video yang memperlihatkan momen unik wisuda kampus ISI dan viral di media sosial. Salah satunya dibagikan oleh pemilik akun Instagram @ngalorngidul.yuk yang membagikan momen wisuda tergokil se-Indonesia.

"Asli ini keren banget banget banget wisuda berasa festival budaya dan atraksi seni," tulis akun tersebut dikutip, Kamis (15/12/2022).



Rekaman video berdurasi 2 menit 14 detik itu memperlihatkan wisuda kampus ISI Yogyakarta yang dimeriahkan oleh ratusan bahkan ribuan mahasiswa. Para mahasiswa ikut andil menampilkan pagelaran seni budaya untuk menyambut wisudawan.

Mereka berjalan seperti sedang festival menuju area tengah kampus ISI Yogyakarta. Para mahasiswa mengenakan berbagai macam kostum sesuai dengan tema seni yang ditampilkan.

Ada yang mengenakan batik, baju adat, kostum hantu dan sebagainya. Ada juga yang memainkan alat musik tradisional seperti gamelan dan gong. Berdasarkan keterangan waktunya, momen itu berlangsung pada tanggal 18 September 2022 lalu.

Wisudawan juga diperlakukan spesial, ada diarak naik delman maupun kendaraan lain yang telah dihias sedemikian rupa. Susana pagelaran yang ditampilkan itu terlihat begitu semarak. Orang tua dan kerabat wisudawan dibuat terhibur dengan pertunjukan itu.

Diungkapkan oleh salah seorang mahasiswa ISI, Cholis mengatakan, momen tersebut memang telah secara rutin dilakukan setiap acara wisuda kampus ISI. Mahasiswa akan ikut memeriahkan acara wisuda kakak tingkatnya.

"Memang setiap acara wisuda. Jadi setiap jurusan yang ikut," kata dia.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1573 seconds (0.1#10.140)