Indonesian Museum Award 2022 Kembali Digelar Luring, FIB UI Tuan Rumah

Selasa, 20 Desember 2022 - 16:47 WIB
loading...
Indonesian Museum Award 2022 Kembali Digelar Luring, FIB UI Tuan Rumah
Indonesia Museum Award (IMA) 2022 yang diselenggarakan FIB UI, Depok, Jawa Barat resmi dibuka, Selasa (20/12/2022). Foto/MPI/M Refi Sandi.
A A A
JAKARTA - Indonesia Museum Award (IMA) 2022 kembali digelar secara luring setelah sebelumnya digelar online karena pandemi Covid-19. IMA 2022 diselenggarakan di Auditorium Gedung IV Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat, Selasa (20/12/2022).

Indonesia Museum Awards merupakan ajang tahunan yang memberikan penghargaan terhadap pengelola museum dan tokoh permuseuman di Tanah Air. Ajang ini digagas oleh Komunitas Jelajah, sebuah komunitas yang memiliki kepedulian tinggi terhadap pendidikan dan penelitian, khususnya yang menyangkut sejarah, heritage, dan permuseuman.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirahim Indonesia Museum Award 2022 dengan ini resmi dibuka," ucap Juri IMA 2022 Indroyono Soesilo saat membuka acara di FIB UI, Selasa (20/12/2022).

Baca juga: Jurusan dengan Daya Tampung Terbanyak di Unhas, Unand, dan USU untuk SNBT-SNBP 2023

Ketua Pelaksana IMA 2022 Musiana Yudhawasthi mengatakan, ini pertama kalinya diadakan secara luring kembali setelah pandemi Covid-19 melandai.

"Ini merupakan acara pembuka sebenarnya karena selama hampir 3 tahun ini kami membuat acara online. Pada hari ini kami mencoba membuat acara betul betul offline tapi juga ada streaming secara live," ujar Musiana.

"Saya merasa bahwa museum itu membuat kita semakin melatih bagaimana menerima experience lebih ketika kita berada di kondisi dari museum kita berkaca betapa naik turunnya peradaban bangsa dan itu tentu merefleksikan apa yang kita dapat selama kehidupan kita. Bekerja dengan museum, belajar bersama museum sesuatu yang luar biasa komunitas jelajah bersama rekan-rekan bahwa museum bisa menjadi tempat belajar yang menyenangkan dan bisa menjadi gaya hidup bagi rekan-rekan muda," tambahnya.

Baca juga: Cegah Pemalsuan, Kemendikbudristek Terbitkan KIP Kuliah Digital

Adapun pembukaan juga ditandai dengan pemukulan alat musik hadroh dari sejumlah tokoh yang hadir. Hadir dalam acara IMA 2022 di antaranya Mantan Mendikbud RI Periode 1993-1998 Wardiman Djojonegoro, Mayjen TNI (Pur) Eddie Marzuki Nalapraya, Dekan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) Universitas Indonesia Bondan Kanumoyoso, Pematung Indonesia sekaligus pelopor Gerakan Seni Rupa Baru I Nyoman Nuarta, dan tokoh lainnya.

Sebagai informasi, sejumlah kategori hadir dalam IMA 2022 di antaranya Museum Pemrakarsa Kesehatan dan Kesejahteraan, Museum Komunikatif, Museum Kolaboratif, Museum Inspiratif, Museum Adaptasi Baru, Museum Kreatif, Duta Museum, Anugerah Amir Sutaarga, Tokoh Peduli Museum, dan Pengabdian Sepanjang Hayat.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2179 seconds (0.1#10.140)