Gunadarma Luncurkan Inovasi Teknologi Pemulihan Pasca Bencana Cianjur

Sabtu, 24 Desember 2022 - 12:04 WIB
loading...
Gunadarma Luncurkan Inovasi Teknologi Pemulihan Pasca Bencana Cianjur
Gunadarma Luncurkan Inovasi Teknologi Pemulihan Pasca Bencana Cianjur
A A A
JAKARTA - Universitas Gunadarma ( UG ) meluncurkan berbagai inovasi teknologi tepat guna untuk Cianjur . Ini merupakan rangkaian dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) UG untuk pemulihan korban bencana Cianjur.

Kegiatan PKM UG menjadi bagian dari Program Kampung Cekattan (Cepat Tanggap Kolaboratif untuk Cianjur Bangkit dan Tangguh) yang diluncurkan oleh Ditjen Diktiristek Kemendikbudristekdikti. Kick off kegiatan tersebut sudah dilaksanakan sebelumnya pada13 Desember 2022.

Rektor Universitas Gunadarma Prof. E.S. Margianti mengatakan, berbagai inovasi teknologi terpilih bersifat tepat guna, berbasis pemberdayaan masyarakat, dan berkelanjutan.

Kegiatan PKM Universitas Gunadarma didukung oleh Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek melalui program insentif Pengabdian Masyarakat Terintegrasi MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) Berbasis Indikator Kinerja Utama bagi Perguruan Tinggi Swasta Tahun 2022.

“Selain didanai insentif dari pemerintah, UG juga memberikan beasiswa kepada 40 mahasiswa dari 4 PTS di Cianjur yang terdampak bencana gempa. Kegiatan PKM UG masih terus dilanjutkan sampai akhir Desember 2022,” katanya, melalui siaran pers, Sabtu (24/12/2022).

Sementara Sekretaris Daerah Cianjur Cecep S. Alamsyah menyebutkan bahwa kontribusi Gunadarma tidak hanya sebatas penanggulangan bencana gempa saja.

UG dengan fasilitas UG Technopark sudah memberikan kontribusi sebelumnya untuk bidang kesehatan, pariwisata, dan seni budaya melalui berbagai kegiatan yang difasilitasi oleh UG Technopark.

Acara launching dan serah terima inovasi tersebut dilaksanakan di UG Technopark yang juga dihadiri penerima manfaat inovasi di lokasi bencana yaitu di Desa Nagrak dan Desa Benjot Kecamatan Cugenang serta Kampung Tunggilis Kecamatan Pacet.

Perwakilan relawan dari Kampung Tunggilis, Kepala SMP 5 di Kecamatan Cugenang, serta Camat Mande memberikan testimoni langsung mengenai kebermanfaatan berbagai inovasi yang sudah diterapkan di lokasi bencana atau pengungsian.

Berbagai inovasi teknologi diterapkan dalam kegiatan tersebut, di antaranya UG Matriks (Mockup Rumah Terintegrasi untuk Edukasi Kesehatan Keluarga) yang dapat berfungsi sebagai fasilitas untuk trauma healing dan layanan kesehatan keluarga dengan menggunakan wahana bergerak yang bisa mengunjungi lokasi pengungsian.

UG Matriks juga dilengkapi dengan UG Smile (Sistem Monitoring untuk Identifikasi Lokasi dan Evaluasi Penanganan Bencana) termasuk command center sederhana yang dapat digunakan oleh para relawan dan pemangku kepentingan dalam penanganan bencana.

Masalah sampah dan sanitasi diatasi dengan Incenerator Sampah Ramah Lingkungan, MCK Bertenaga Surya, dan Instalasi Air Siap Minum. Kegiatan Pemberdayaan wirausaha keluarga berbasis pangan juga dilakukan dengan dilengkapi Kompor Biomasa yang mudah dioperasikan di dapur umum atau di lokasi pengungsian.

Berbagai inovasi teknologi tepat guna tersebut dijelaskan oleh Prof. Dr. Budi Hermana bersama para penanggung jawab kegiatan yaitu Dr. dr. Matrissya Hermita, Dr. Ruddy J. Suhatril, Dr. Ir. Tety Elida, serta Sandy Suryo Prayogo.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3604 seconds (0.1#10.140)