Unesa Luncurkan 2 Pemeringkatan Perguruan Tinggi Berskala Dunia

Sabtu, 24 Desember 2022 - 15:42 WIB
loading...
Unesa Luncurkan 2 Pemeringkatan Perguruan Tinggi Berskala Dunia
Unesa meluncurkan dua pemeringkatan perguruan tinggi berskala dunia yaitu Unesa-Sporttric dan Unesa-Artric. Foto/Laman Unesa.
A A A
JAKARTA - Universitas Negeri Surabaya ( Unesa ) meluncurkan dua pemeringkatan perguruan tinggi berskala dunia . Yaitu Unesa-Sporttric dan Unesa-Artric.

Kedua pemeringkatan ini masing-masing sebagai lembaga pemeringkatan bidang olahraga dan seni-budaya bagi institusi perguruan tinggi dalam dan luar negeri.

Ketua Satuan Klasterisasi dan Pemeringkatan Perguruan Tinggi Unesa, Prof. Nadi Suprapto menyampaikan, pemeringkatan yang diluncurkan ini berkaitan dengan bidang unggulan di kampusnya. Yaitu olahraga, seni dan disabilitas. Unesa pun harus menjadi trendsetter pengembangan tiga bidang tersebut di dunia.

Baca juga: 5 Jurusan di ITB dengan Keketatan Tertinggi Tahun 2022, Referensi untuk SNBT 2023

“Unesa mengikuti pemeringkatan seperti QS, THE Impact Ranking sebagai partisipan. Mulai tahun ini Unesa tidak hanya sebagai peserta, tetapi sebagai host. Makanya ada Unesa-Dimetric yang hasilnya sudah diumumkan baru-baru ini serta Unesa-Sporttric dan Unesa-Artric diluncurkan hari ini,” katanya, dikutip dari laman Unesa, Sabtu (24/12/2022).

Menurutnya, pemeringkatan tersebut penting diselenggarakan. Seperti Unesa-Artric yang tidak lepas dari kekuatan Indonesia. Seni dan budaya salah satu penciri dan keunggulan Indonesia yang dihargai dan diakui negara-negara Eropa. Bahkan, lanjutnya, banyak orang luar negeri yang menikmati seni budaya Indonesia seperti wayang, ludruk, tari, dan masih banyak lagi.

“Semoga ini tidak hanya semakin memperkenalkan seni dan budaya Indonesia di mata dunia, tetapi juga Unesa di hadapan lembaga internasional. Diharapkan juga ini sebagai salah satu upaya yang membawa Unesa menuju world class university atau sesuai taglinenya satu langkah di depan,” harapnya.

Baca juga: Dunia Bahasa Bawa Mahasiswa UNS Ini Meraih Segudang Prestasi

Sementara itu, Unesa juga terus menambah jumlah guru besarnya dengan mengukuhkan empat guru besar baru. Adapun guru besar yang dikukuhkan di penghujung tahun 2022 ini yaitu, 1) Prof. Dr. Waspodo Tjipto Subroto, guru besar bidang Ilmu Ekonomi Pembangunan, 2) Prof. Nadi Suprapto, guru besar bidang Pendidikan Fisika, 3) Prof. Dr. Mahanani Tri Asri, guru besar Ilmu Mikrobiologi, 4) Prof. Dr. Anang Kistyanto, guru besar bidang Ilmu Manajemen Karir.

Rektor Prof. Dr. Nurhasan mengatakan, tahun ini Unesa sudah mengukuhkan sebanyak delapan guru besar. Ini merupakan buah dari kerja sama semua pihak dalam mendorong para doktor untuk meraih profesor lewat program percepatan guru besar. Pihaknya memfasilitasi para dosen dengan menyiapkan anggaran, tim pendamping dan ada treatment khusus.

“Tahun ini Unesa sudah mengukuhkan delapan profesor di berbagai bidang. Total guru besar mencapai 83 orang dan tahun depan targetnya bisa mengukuhkan sekitar belasan gubes baru. Harusnya, tahun ini masih ada lima orang, tetapi kemungkinan surat keputusannya turun dalam waktu dekat,” ucapnya.

Menurut Cak Hasan, guru besar memiliki peran penting dalam kemajuan perguruan tinggi. Mereka merupakan ujung tombak inovasi. Dia berharap, keempat guru besar tersebut mampu mengambil peran penting dalam memajukan Unesa PTN BH dan aktif dalam pembangunan nasional.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2116 seconds (0.1#10.140)