Kaleidoskop 2022: Prestasi Siswa Indonesia di Kompetisi Dunia Harumkan Nama Bangsa

Minggu, 25 Desember 2022 - 18:00 WIB
loading...
Kaleidoskop 2022: Prestasi Siswa Indonesia di Kompetisi Dunia Harumkan Nama Bangsa
Siswa Indonesia berhasil mendulang prestasi di beragam kompetisi dunia yang juga mengharumkan nama bangsa. Salah satunya delegasi Indonesia yang meraih juara di International Mathematical Olympiad (IMO) ke-63 tahun ini. Foto/Laman Puspresnas.
A A A
JAKARTA - Para siswa Indonesia dari jenjang SMP dan SMA berhasil mengharumkan nama bangsa di berbagai olimpiade dunia bidang sains, ekonomi, seni, dan lainnya. Meski di tengah keterbatasan karena pandemi Covid-19 mereka berhasil mendulang medali untuk bangsa.

Misalnya saja pada International Mathematical Olympiad (IMO) ke-63 yang digelar di Oslo, ini adalah olimpiade sains tertua dan terbesar di dunia untuk siswa SMA. Kompetisi yang prestisius dan bergengsi ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi para siswa Indonesia mengikutinya. Bahkan meski dihadapi pembinaan yang terbatas di masa pandemi, siswa Indonesia berhasil meraih 5 medali.

Plt. Kepala Puspresnas Kemendikbudristek Asep Sukmayadi menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya atas capaian ini. “Hasil yang dicapai oleh siswa-siswa Indonesia dengan mendapatkan satu medali perak, empat medali perunggu dan satu honourable mention merupakan prestasi yang luar biasa di tengah berbagai keterbasan yang dialami dalam sistem pembinaan tim di masa pandemi ini,” tutur Asep saat menjemput delegasi di Bandara Soekarno Hatta, Minggu 17 Juli 2022 lalu.

Perolehan medali di olimpiade dunia ini membuktikan bahwa Indonesia tidak kekurangan talenta-talenta berbakat dan berprestasi. Saat ini mereka berhasil membawa nama baik Indonesia di kancah internasional dan juga menjadi generasi penerus bangsa yang bermutu untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.

Baca juga: Kaleidoskop Pendidikan 2022: Heboh Shadow Team Nadiem hingga Rektor Unila Ditangkap

Berikut ini sejumlah olimpiade tingkat dunia yang diikuti siswa Indonesia dan berhasil mendulang juara sepanjang 2022, dikutip dari laman Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek.

1. International Mathematical Olympiad (IMO) ke-63 di Oslo

Pada ajang olimpiade sains tertua dan terbesar di dunia untuk siswa SMA ini, para pelajar Indonesia berhasil membawa satu medali perak, empat medali perunggu, dan satu honourable mention di Oslo, Norwegia.

Medali perak diraih Rafael Kristoforus Yanto (SMAK Penabur, Gading Serpong). Lalu, empat medali perunggu masing-masing diraih Sandy Kristian Waluyo (SMAK Penabur, Cirebon), Maulana Satya Adigama (SMA Taruna Nusantara, Jawa Tengah), Evelyn Lianto (SMAK Mawar Sharon, Surabaya), dan Vanya Priscillia (SMAK Petra 2, Surabaya). Untuk penghargaan Honourable Mention diraih oleh Andrew Daniel Janong (SMAK 5 Penabur, Jakarta).

2. International Biology Olympiad (IBO) ke-33 di Armenia
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2760 seconds (0.1#10.140)