Fresh Graduate, Berikut 7 Tahapan Rekrutmen Karyawan PT Pertamina

Rabu, 28 Desember 2022 - 14:19 WIB
loading...
Fresh Graduate, Berikut 7 Tahapan Rekrutmen Karyawan PT Pertamina
Pegawai Pertamina mengecek lokasi pengeboran minyak. Foto/Dok/UPER
A A A
JAKARTA - Banyak mahasiswa yang berangan-angan ingin bekerja di PT Pertamina. Perusahaan bahan bakar terbesar di Indonesia yang selalu jadi incaran para fresh graduate.

Selain menyandang nama Badan Usaha Milik Negara ( BUMN ), perusahaan ini juga menjanjikan gaji menggiurkan bagi para pegawainya.



Jenjang karier dan gaji besar semakin membuat kita tahu mengapa karier Pertamina begitu diminati? Sekarang kalin pasti bertanya-tanya tentang proses seleksi menjadi karyawan pertamina.

Untuk fresh graduate ataupun yang sudah memiliki experience bisa disimak 7 tahapan rekrutmen PT Pertamina . Simak penjelasan berikut ini.

1. Online Submission

Kamu bisa mendaftar secara online melalui laman web rekrutmen PT Pertamina. Jika kamu belum memiliki akun, kamu bisa mendaftar dahulu dengan memasukan nama lengkap, NIK, email, dan password.



Lalu nantinya kamu akan mengisi berbagai data sebagai curriculum vitae kamu di laman web rekrutmen Pertamina. Data tersebut nantinya berkaitan dengan data pribadi, keluarga, alamat domisili, sertifikasi, hingga pengalaman kerja.

2. Seleksi Administrasi

Tahap ini akan dilihat dari korelasi di setiap kualifikasi yang kamu miliki dan posisi yang kamu lamar.

3. Assessment Kepribadian dan Bakat

Di tahap ini, kamu akan melakukan berbagai tes untuk HRD tahu bagaimana kemampuan problem solving kamu. Tes dilakukan dalam berbagai jenis, mulai dari tes kemampuan dasar, psikotes, hingga tes bahasa Inggris.

4. Wawancara Online

Setelah kamu dinyatakan lolos tahap ketiga, kamu akan mendapatkan surat undangan untuk melakukan wawancara. Namun, tahap ini masih berupa wawancara online dengan HR.

5. Wawancara Psikolog

Wawancara psikolog akan kamu lakukan setelah kamu lolos wawancara online. Biasanya, wawancara ini dilakukan untuk mengetahui konsistensi kamu dalam memberikan data, baik yang sudah kamu lakukan secara verbal melalui wawancara sebelumnya, maupun tulisan di hasil tes.

6. Wawancara User

Saat kamu lolos di beberapa tahap di atas, kamu akan mendapat panggilan wawancara user untuk melakukan deep interview mengenai kelayakan posisi.

7. Medical Check Up

Ini adalah tahap akhir sekaligus tahap penentuan kamu bisa diterima atau tidak menjadi karyawan Pertamina. Jangan diremehkan ya karena ada juga yang tidak lolos di tahap ini.

Kamu harus melakukan tes kesehatan yang berkenaan dengan catatan fisik kamu, mulai dari golongan darah, tinggi badan, berat badan. Lalu juga akan dicek tensi darah, kadar gula, hingga masalah kesehatan di organ dalam lainnya untuk mengetahui kondisi kamu secara menyeluruh.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3782 seconds (0.1#10.140)