Peribahasa yang Menggunakan Kata Nyamuk Beserta Maknanya

Senin, 02 Januari 2023 - 11:54 WIB
loading...
Peribahasa yang Menggunakan Kata Nyamuk Beserta Maknanya
Ada dua peribahasa yang menggunakan kata nyamuk. Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Contoh peribahasa beserta artinya merupakan salah satu materi yang dipelajari saat menempuh pendidikan dasar dan menengah. Jumlah peribahasa sangat banyak dan memiliki arti yang beragam.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ), makna peribahasa adalah kelompok kata atau kalimat yang tetap susunannya, biasanya mengiaskan maksud tertentu (dalam peribahasa termasuk juga bidal, ungkapan, perumpamaan). Makna lainnya, ungkapan atau kalimat ringkas padat, berisi perbandingan, perumpamaan, nasihat, prinsip hidup atau aturan tingkah laku.

Sementara, nyamuk adalah serangga kecil bersayap, yang betina memiliki sepasang sungut yang dipakai sebagai pengisap darah (manusia dan binatang) bertelur di air yang tergenang.

Berikut ini SINDOnews tampilkan dua peribahasa yang menggunakan kata nyamuk beserta maknanya:

1. Nyamuk mati, gatal tak lepas

Peribahasa ini bermakna menaruh dendam kepada orang yang berbuat jahat meskipun orang itu sudah dihukum. Peribahasa ini juga bisa bermakna dendam yang tidak berkesudahan.

2. Menepuk nyamuk menjadi daki

Makna dari peribahasa ini adalah berdebat dengan orang bodoh tidak akan menghasilkan sesuatu manfaat. Makna lain dari peribahasa ini adalah melawan orang yang lemah takkan mendapatkan nama baik.

Demikian dua contoh peribahasa yang menggunakan kata nyamuk beserta maknanya. Semoga bermanfaat.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1742 seconds (0.1#10.140)