Sederet Sekolah Kedinasan Polri untuk Lulusan SMA-Sarjana, Selalu Dibanjiri Peminat

Senin, 02 Januari 2023 - 11:53 WIB
loading...
Sederet Sekolah Kedinasan Polri untuk Lulusan SMA-Sarjana, Selalu Dibanjiri Peminat
Akademi Kepolisian (Akpol). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Polisi merupakan salah satu profesi yang masih menjadi favorit banyak orang. Namun, menjadi seorang polisi di Indonesia harus menjalani masa Pendidikan Kepolisian terlebih dahulu.

Pendidikan Kepolisian dapat diikuti oleh seorang warga yang baru lulus SMA dan sarjana. Berikut ini jenis-jenis sekolah Pendidikan Kepolisian.



1. Akademi Kepolisian (Akpol)

Akademi Kepolisian kerap disingkat Akpol. Akpol ini tergabung sebagai anggota INTERPA (International Association of Police Academy).

Lulusan Akademi Kepolisian nantinya akan menjadi Perwira Polri. Akpol menjadi unsur pelaksana pendidikan yang berada d bawah Lembaga Pendidikan dan Latihan Polri (Lemdiklat).

Akpol memiliki tujuan menyelenggarakan pendidikan pembentukan Perwira Polri dengan durasi pendidikan 4 tahun.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Kapolri Nomor 21 Tahun 2010. Setelah lulus dari Akademi Kepolisian, peserta didik akan memperoleh pangkat Inspektur Polisi Dua atau Ipda.

Pendaftaran Akpol juga akan dimulai dengan adanya ujian dan pemeriksaan penerimaan terpadu Taruna Akpol yang diselenggarakan di tingkat daerah oleh Panitia Daerah di Polda.

Berkaitan dengan pemeriksaan penerimaan, akan diselenggarakan di tingkat pusat oleh Panitia Pusat di Akademi Kepolisian, Semarang, Jawa Tengah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1710 seconds (0.1#10.140)