Segudang Prestasi Membawa Athi Sekolah hingga Kuliah S2 di Inggris Tanpa Seleksi

Rabu, 11 Januari 2023 - 16:37 WIB
loading...
Segudang Prestasi Membawa Athi Sekolah hingga Kuliah S2 di Inggris Tanpa Seleksi
Dengan segudang prestasi Athi’ Nur Auliati Rahmah berhasil sekolah dari pendidikan dasar, menengah, hingga kuliah S2 di Inggris tanpa seleksi. Foto/Laman Puslapdik.
A A A
JAKARTA - Kisah penuh inspiratif kali ini datang dari Athi’ Nur Auliati Rahmah. Dengan segudang prestasi, dia berhasil sekolah dari pendidikan dasar, menengah, hingga kuliah S2 di Inggris dengan tanpa mengikuti seleksi.

Wanita kelahiran Jombang ini merupakan alumni sekolah dasar di Pamekasan, Madura. Kini ia kuliah S2 di Nanoscience and Functional Nanomaterials, School of Physics, University of Bristol, Inggris.

Athi menapaki setiap jenjang di SMP, SMA, sarjana, dan kini S2 tanpa harus berjuang mengikuti seleksi. Bukan karena kemampuan keuangan atau koneksi, tapi karena berbagai prestasi yang diraihnya sejak sekolah dasar, yakni utamanya prestasi di bidang fisika dan desain.

Suksesnya Athi sekolah dengan prestasi ini diawali ketika dia masih duduk di bangku sekolah dasar di Pamekasan. Athi mulai tertarik pada fisika setelah membaca buku “IPA Fisika Gasing (gampang, asyik dan menyenangkan)” yang ditulis oleh Prof Yohanes Surya. Sebuah buku tambahan pelajaran yang semestinya untuk siswa SMP. Tak sekadar membaca dan tertarik, Athi lantas mengotak-ngatiknya hingga menjuarai lomba fisika yang diselenggarakan SMPN 2 Pamekasan. Karenanya, Athi masuk SMP favorit di Madura itu tanpa tes.

Baca juga: Daftar Fakultas dan Jurusan S1 hingga Spesialis di Universitas Brawijaya

Prestasinya terus berlanjut. Saat di SMP 2 itu, Athi aktif mengikuti lomba akademik bidang fisika, menjadi siswa berprestasi, mengikuti lomba non-akademik bidang seni, poster, sampai ikut pameran seni di daerahnya serta pernah menjadi Duta Sanitasi.

Luar biasanya, saat di SMP itu, Athi masuk kelas unggulan fisika. Di kelas itu, selain belajar materi fisika SMP, juga dipelajari materi fisika SMA. Hasilnya, Athi menjuarai beberapa lomba fisika tingkat SMP yang akhirnya membawa Athi bisa melanjutkan pendidikan di SMA 1 Pamekasan, juga tanpa tes.

Saat di SMA, Athi beberapa kali juara lomba poster, seni, debat, dan lomba fisika di tingkat daerah hingga nasional. Lagi-lagi, karena berbagai prestasi tersebut, Athy diterima kuliah di Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), melalui jalur prestasi, tanpa tes, tahun 2018.

Berkah Tahun 2021

Tak hanya cinta dan unggul di fisika, sejak SMA, Athi juga punya hobi dalam pembuatan desain poster yang mengantarnya menjadi juara pada berbagai kejuaraan. Salah satunya, meraih medali emas pada ajang Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) divisi Poster Digital yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Tahun 2021 lalu. Pada tahun itu juga, Athi bersama Tim UNY meraih Juara I Talent Chalengge jenjang Pendidikan Tinggi pada acara Puncak Persembahan Prestasi Talenta Indonesia yang juga diselenggarakan Puspresnas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1692 seconds (0.1#10.140)