5 Peribahasa Memuat Kata Api, Nomor 4 Bermakna Sengaja Mencari Bahaya

Jum'at, 13 Januari 2023 - 08:25 WIB
loading...
5 Peribahasa Memuat Kata Api, Nomor 4 Bermakna Sengaja Mencari Bahaya
Sejumlah pegawai kantor di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Semarang bermain sepak bola api di halaman Balai Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (26/3/2021) malam. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Seperti api dalam sekam. Peribahasa menggunakan kata api tersebut sering kita dengar atau baca dalam sejumlah tulisan.

Selain seperti api dalam sekam, ada pula peribahasa lain yang memuat atau menggunakan kata api. Sebelum masuk pembahasan tersebut, kita cari tahu dahulu makna peribahasa dan api.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), peribahasa adalah kelompok kata atau kalimat yang tetap susunannya, biasanya mengiaskan maksud tertentu (dalam peribahasa termasuk juga bidal, ungkapan, perumpamaan). Peribahasa juga bermakna ungkapan atau kalimat ringkas padat, berisi perbandingan, perumpamaan, nasihat, prinsip hidup atau aturan tingkah laku.

Sementara, api merupakan kata benda yang memiliki arti panas dan cahaya yang berasal dari sesuatu yang terbakar; nyala.



Dalam kehidupan sehari-hari, api yang kecil menjadi kawan dan berguna bagi kita, misal untuk memasak, membuat api unggun, atau untuk penerangan. Namun, api yang besar malah menjadi musuh atau lawan karena akan menimbulkan kerusakan, misal kebakaran rumah atau kebakaran hutan.

Berikut ini SINDOnews tampilkan lima peribahasa yang memuat atau menggunakan kata api, lengkap dengan maknanya:

1. Seperti api dalam sekam

Peribahasa yang cukup populer ini bermakna hal-hal tidak baik yang tidak tampak.

2. Api padam puntung berasap
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1760 seconds (0.1#10.140)