Minim Peminat, 4 Jurusan Kuliah Ini Hanya Ada di UI dan UGM

Minggu, 15 Januari 2023 - 07:39 WIB
loading...
Minim Peminat, 4 Jurusan Kuliah Ini Hanya Ada di UI dan UGM
Jurusan Kriminologi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Calon mahasiswa sebelum memilih jurusan kuliah biasanya mempertimbangkan sejumlah faktor, di antaranya sesuai minat dan bakat serta memiliki prospek kerja yang bagus.

Di antara pilihan yang dapat ditempuh untuk mencapai jurusan impian tersebut juga cukup beragam. Untuk kampus negeri , kita dapat memilih jalur SNBP, SNBT, dan alternatif terakhir adalah Seleksi Mandiri.



Kemudian, memilih kampus negeri juga memerlukan pertimbangan yang matang. Mulai dari jumlah peminat, kuota atau daya tampung, hingga berbagai pertimbangan pribadi seperti kota tempat belajar dan biaya hidup seluruhnya layak masuk perhitungan.

Nah, bagaimana bila pada tahap ini kita tak punya pilihan. Meski begitu ada beberapa jurusan yang hanya ada di satu satu kampus saja di Indonesia. Berikut jurusan-jurusan yang hanya ada di UI dan UGM.

1. Sastra Belanda, UI

Belajar Sastra Belanda bukan berarti kita tidak memiliki semangat nasionalisme yang cukup. In fact, they may not related to each other in any way.



Justru keberadaan Sastra Belanda bisa menjadi salah satu alternatif pilihan belajar sastra asing selain Inggris, Perancis, Korea, Jepang, Arab, dan lain sebagainya.

Hanya ada di UI, Sobat berpeluang menjadi mahasiswa baru di jurusan Soshum ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1391 seconds (0.1#10.140)