Contoh Peribahasa Menggunakan Kata Bunga, Yuk Ketahui Maknanya

Minggu, 15 Januari 2023 - 07:13 WIB
loading...
Contoh Peribahasa Menggunakan Kata Bunga, Yuk Ketahui Maknanya
Kebun bunga matahari di Taman Rotannusa, Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara. Foto/Dok MPI
A A A
JAKARTA - Kamu pencinta bunga ? Peribahasa yang menggunakan kata bunga ini mungkin menarik untuk kamu ketahui. Maknanya pun beragam.

Sebelum mengetahui peribahasa yang menggunakan kata bunga, kita cari tahu dahulu arti peribahasa dan bunga. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), peribahasa adalah kelompok kata atau kalimat yang tetap susunannya, biasanya mengiaskan maksud tertentu (dalam peribahasa termasuk juga bidal, ungkapan, perumpamaan). Makna lain peribahasa adalah ungkapan atau kalimat ringkas padat, berisi perbandingan, perumpamaan, nasihat, prinsip hidup atau aturan tingkah laku.

Sementara, bunga adalah bagian tumbuhan yang akan menjadi buah, biasanya elok warnanya dan harum baunya; kembang. Dalam kehidupan sehari-hari, bunga antara lain dapat digunakan sebagai tanda cinta dan kasih sayang yang diberikan kepada orang-orang tercinta. Selain itu, bunga juga dijadikan tanaman hias di ruangan terbuka dan juga di rumah.



Berikut ini SINDOnews tampilkan lima contoh peribahasa yang menggunakan kata bunga, lengkap dengan maknanya:

1. Membuang bunga ke jirat

Makna peribahasa ini adalah berbuat baik kepada orang yang tidak tahu membalas budi. Peribahasa ini juga bermakna membuang-buang tenaga (uang, waktu, dan sebagainya) dengan sia-sia.

2. Seperti kera dapat bunga

Peribahasa ini bermakna tiada dapat menghargai keindahan (jasa, nilai, dan sebagainya). Peribahasa ini juga bermakna mendapat sesuatu yang tidak dapat dipergunakan.

3. Bunga dipetik, perdu ditendang
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1635 seconds (0.1#10.140)