Pusat Unggulan FT UGM Dampingi Pembangunan Gedung Istana Presiden di IKN

Senin, 16 Januari 2023 - 17:06 WIB
loading...
Pusat Unggulan FT UGM Dampingi Pembangunan Gedung Istana Presiden di IKN
Pusat Unggulan FT UGM turut mendampingi pembuatan DED Gedung Istana Presiden di IKN. Foto/Koran Sindo/Wawan Bastian.
A A A
JAKARTA - Pembangunan infrastruktur dasar menuju ibu kota negara Nusantara (IKN) kini terus berproses. Fakultas Teknik UGM melalui Center of Excellent (CoE) Sustainable Building and Infrastructure turut berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur di IKN.

Bahkan, CoE SBI UGM mendapat undangan dari Cipta Karya PUPR untuk melakukan pendampingan pembuatan Detail Engineering Drawing (DED) Gedung Istana Presiden di Ibukota Negara, Nusantara (IKN).

Undangan ini kemudian ditindaklanjuti dengan melakukan survei dan pemasangan alat sensor iklim mikro oleh tim dosen dan peneliti Fakultas Teknik UGM. Hal ini dilakukan agar perancangan gedung kompleks IKN memenuhi standarisasi bangunan gedung hijau, termasuk dalam proses pembuatan DED dengan rancang bangun yang sudah terkomputerisasi.

Baca juga: 5 Rekomendasi Institut Terbaik di Indonesia untuk Calon Mahasiswa di SNPMB 2023

“Pembuatan DED dilakukan oleh PT. Arkonin Jakarta. Kami CoE SBI FT UGM diminta oleh direktur Cipta Karya PUPR untuk menjadi narasumber dan masukan pada proses pembuatan Detail Engineering Drawing, khususnya pada selubung bangunan menuju green building," ujar Koordinator CoE SBI Fakultas Teknik UGM Dr. Ir. Arif Kusumawanto, dikutip dari laman UGM, Senin (16/1/2023).

Arif Kusumawanto menjelaskan tim peneliti CoE SBI dalam proses pembangunan Gedung Istana Presiden IKN melakukan kegiatan survei terlebih dahulu. Dalam survei ini, tim dosen dan peneliti Fakultas Teknik UGM mendampingi pada tiga simulasi penting yaitu simulasi terhadap kenyamanan termal dalam bangunan, simulasi efisiensi energi (OTTV) dan simulasi bentuk untuk evaluasi pengguna dan kebakaran bangunan.

“Dari paparan yang dilakukan konsultan, kita melihat mereka memerlukan bantuan simulasi-simulasi green building, tentang kenyamanan termal, ottv bangunan dan heat transfer material selubung bangunan. Ini kita lakukan sebagai dasar bagi kontraktor dalam melaksanakan pembangunan nanti dan wajib ada DED," jelasnya.

Lebih lanjut Arif menjelaskan dalam pembangunan gedung penting di Indonesia selama ini wajib DED. Mulai dari proses desain bangunan dari pre elementary desain yang bisa dengan dilombakan, kemudian tahapan DED, dan baru dilelang ke kontraktor.

Baca juga: Ikuti 5 Tips dan Trik Ini jika Kamu Ingin Lolos SNBT 2023

Terkait IKN, Arif menuturkan Pusat Riset Unggulan Fakultas Teknik UGM, Coe Sustainable Building and Infra Structure menyiapkan ruang khusus untuk grup riset IKN. Ruang khusus ini bersifat terbuka untuk siapapun dosen, mahasiswa dan masyarakat yang memerlukan informasi dan penyelesaian teknik bangunan hijau dan infrastruktur.

Khusus IKN, disebutnya, Coe Sustainable Building and Infra Structure FT UGM bekerja sama dengan berbagai pihak diantaranya Ditjen Cipta Karya PUPR dan konsultan Arsitektur PT Arkonin Jakarta. Kerja sama ini akan berlanjut di berbagai permasalahan teknik bangunan hijau di daerah tropis.

“Khususnya kajian untuk menciptakan bangunan hijau yang memaksimalkan keamanan, kenyamanan, dan kesehatan bangunan. Disamping itu, meminimalkan kerusakan lingkungan, termasuk hemat energi fosil dan pemanfaatan green energi," paparnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1510 seconds (0.1#10.140)