Menhan Ajak Mahasiswa Bangga Menjadi Indonesia

Sabtu, 13 Juni 2015 - 02:34 WIB
Menhan Ajak Mahasiswa Bangga Menjadi Indonesia
Menhan Ajak Mahasiswa Bangga Menjadi Indonesia
A A A
GARUT - Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu berharap seluruh mahasiswa memiliki rasa cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), bisa memberikan ketauladanan, dan nilai-nilai kebangsaan.

"Harapan kami, kalian harus pandai dan merasa bangga sebagai bangsa Indonesia. Bermanfaat bagi bangsa dan negara. Menurut hadis, sebaik-baiknya perbuatan berguna untuk orang lain," kata Ryamizard, di hadapan ratusan mahasiswa dalam kunjungannya ke Gedung Graha Bela Negara, Cipanas, Garut, Jumat (12/6/2015).

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ini juga mendorong agar kaum muda meningkatkan wawasan kebangsaannya. Menurutnya, hal itu wajib dilakukan, karena berdasarkan hasil survei lembaga internasional, wawasan kebangsaan masyarakat Indonesia menduduki urutan ke-96 dari 105 negara.

"Kalau masyarakat mampu meningkatkan disiplin dan rasa cinta Tanah Air, maka Indonesia akan menjadi negara maju dan sejahtera," ujarnya.

Terkait hubungan politik dengan negara lain, Ryamizard menambahkan dirinya lebih memilih jalur diplomasi. Sebab, dia menilai saat ini TNI bukan lagi mesin pembunuh, melainkan mesin penjaga perdamaian.

Menyikapi adanya sembilan unit pesawat asing yang memasuki wilayah Indonesia sejak Januari hingga Mei 2015, Ryamizard menganggap hal itu bukan sebagai masalah yang besar. Sebab hal tersebut telah diselesaikan dengan cara koordinasi yang dilakukan oleh Menteri Luar Negeri.

"Setiap negara pasti mengalami pasang surut, terlebih soal politik. Makanya sangat penting untuk menjaga perdamaian. Kedepankan diplomasi, bukan permusuhan," tandasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4482 seconds (0.1#10.140)