UI Berjaya dalam Simulasi Sidang PBB

Selasa, 14 Juli 2015 - 05:16 WIB
UI Berjaya dalam Simulasi Sidang PBB
UI Berjaya dalam Simulasi Sidang PBB
A A A
JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) menyabet empat penghargaan dalam kompetisi simulasi sidang Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) se-Asia Pasifik atau Asia-Pacific Model United Nations Conference (AMUNC) 2015 di Perth, Australia.

Dalam kompetisi itu, dua mahasiswa UI meraih penghargaan Best Diplomacy Award. Keduanya ialah Adry Gracio Manurung dalam United Nations Development Programme (UNDP) dan Sherley Mega Sandiori dalam United Nations Education, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO).

Penghargaan lainnya berupa Honorable Mention yang berhasil diraih oleh Anyssa Rizka dalam Special Political and Decolonization Committee (SPECPOL) dan Muhammad Ali Riza dalam League of Arab States (LAS).

Capain tersebut merupakan perolehan penghargaan terbanyak sejak UI mengirimkan delegasi pertama ke AMUNC pada tahun 2010.AMUNC merupakan salah satu kompetisi simulai sidang PBB terbesar se-Asia Pasifik.

Ajang ini diikuti lebih dari 700 mahasiswa dari berbagai negara. Pada pengadaan yang ke 21 ini, AMUNC dilaksanakan di Perth, Australia, dari tanggal 29 Juni sampai 4 Juli 2015.

UI mengirim tujuh mahasiswa untuk mengikuti AMUNC yang diikuti untuk keempat kalinya. Ketujuh mahasiswa tersebut adalah Adeline Tiffanie, Adry Gracio Manurung, Anyssa Rizka, Lestari Cinta Zanidya, Muhammad Ali Riza, Sherley Mega Sandiori, dan Syarifah Nadhira Anggitasari.

“Untuk memenangkan penghargaan tersebut, kami harus memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas mengenai isu internasional, kemampuan berdiplomasi yang baik dengan peserta lainnya, pemikiran yang kritis dan solutif, serta kemampuan untuk menuangkan ide dan pemikiran ke dalam tulisan yang berbentuk resolusi,” tutur Adry, salah satu anggota tim yang berhasil membawa pulang penghargaan dalam keterangan pers yang diterima Sindonews, Senin 13 Juli 2015.

Selain mengirim tujuh peserta, tahun ini UI juga mengirim lima mahasiswa untuk berpartisipasi sebagai director. Kelima orang tersebut adalah Hilya Nisrina, Kevin Emeraldi, Safira Pusparani, Safira Ramadhani, dan Chandra.

Sebagai director, kelima mahasiswa tersebut bertanggung jawab untuk mempersiapkan topik-topik yang akan dibahas serta menjadi moderator diskusi.

Untuk dapat terpilih menjadi director, kelima mahasiswa tersebut harus mengikuti berbagai tahapan seleksi yang ketat, di antaranya seleksi CV, seleksi pengetahuan akan isu internasional, dan wawancara.

Adry menyadari bahwa keberhasilan delegasi UI untuk AMUNC tahun ini tidak lepas dari dukungan banyak pihak, yaitu keluarga, universitas, serta alumni delegasi UI untuk AMUNC tahun lalu.

Dia mengungkapkan delegasi UI tahun lalu telah memberikan pelatihan khusus bagi para delegasitahun ini agar mampu meraih penghargaan.

Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis itu berharap agar pencapaian delegasi UI pada AMUNC 2015 mampu memotivasi seluruh pemuda Indonesia untuk terus berjuang dalam mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7566 seconds (0.1#10.140)