Perguruan Tinggi Ini Klaim Siap Hadapi MEA

Selasa, 29 September 2015 - 06:01 WIB
Perguruan Tinggi Ini Klaim Siap Hadapi MEA
Perguruan Tinggi Ini Klaim Siap Hadapi MEA
A A A
JAKARTA - Perguruan tinggi vokasi mengaku paling siap menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Sebab selama kuliah, mahasiswa telah dilatih keahlian dan memegang sertifikat kompetensi.

Presiden Director Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) Adriza mengatakan, Indonesia sebentar lagi menghadapi MEA dan di era persaingan itu nanti, hanya pekerja yang terampil saja yang bisa mengikuti persaingan.

Menurutnya, lulusan perguruan tinggi vokasi yang mampu beradaptasi cepat dengan persaingan dibandingkan universitas, sebab kemampuan kompetensi mahasiswa sudah dilatih sejak kuliah.

“Lulusan perguruan tinggi vokasi seperti LP3I akan memenangkan persaingan karena menciptakan tenaga terampil. Dampaknya adalah mereka yang terampil ini berpeluang kerja di dalam negeri atau negara MEA lainnya, ” kata Adriza saat konferensi pers di Kampus LP3I Jakarta, Senin 28 September 2015.

Adriza menambahkan, perguruan vokasi memang lebih banyak praktik ketimbang teori. Misalnya saja, program studi yang administrasi bisnis, komputer atau manajemen informasi, disisipi dengan tiga kompetensi.

Yakni kemampuan menggunakan komputer, kemampuan di bidang keahlian masing-masing jurusan seperti mampu membuat laporan pajak di jurusan ekonomi dan kemampuan bahasa Inggris.

Dia menjelaskan, sertifikasi kompetensi juga langsung diberikan kepada mahasiswa setelah mereka lulus. Dalam hal ini kerja sama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) diperlukan sebab badan ini yang mengeluarkan lembar sertifikasi resmi negara.

Adanya sertifikasi ini, ujarnya, memperbesar peluang bagi pekerja Indonesia untuk diterima di negara manapun. “Kami akan menggelar rakernas pada Oktober nanti untuk menetapkan langkah dalam menghadapi MEA,” terangnya.

Pilihan:

Ribuan Prajurit TNI Siap Bertempur, Panglima: Akan Menegangkan!
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8005 seconds (0.1#10.140)