Pelajar Adu Penelitian di Olimpiade Siswa

Jum'at, 09 Oktober 2015 - 22:05 WIB
Pelajar Adu Penelitian di Olimpiade Siswa
Pelajar Adu Penelitian di Olimpiade Siswa
A A A
JAKARTA - Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menyelenggarakan kegiatan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI). Olimpiade akan berlangsung dari tanggal 11-17 Oktober 2015 di Surabaya, Jawa Timur.

Menurut Direktur Pembinaan SMA Purwadi Sutanto, kegiatan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) merupakan wahana penumbuhan bakat dan prestasi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam melakukan penelitian dan menciptakan penemuan ilmiah.

Pada tahun ini sebanyak 89 karya penelitian siswa diperlombakan. Puluhan karya penelitian ini merupakan hasil seleksi dari sekitar 798 karya penelitian untuk bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Selanjutnya, kata Purwadi, OPSI akan memilih sekitar 10 karya terbaik untuk diikutsertakan dalam ajang Intel International Science and Education Fair (Intel-ISEF) di Amerika Serikat dan International Science Project Olympiad (ISPRO) di Indonesia.

"Event ini merupakan event yang sangat penting untuk mempersiapkan generasi yang kreatif, inovatif dan peduli sehingga dapat menopang peningkatan inovasi dan daya saing bangsa," ujar Purwadi, Jumat (9/10/2015).

(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7914 seconds (0.1#10.140)