3 Mahasiswa Budi Luhur Hadiri Sidang UNESCAP di Bangkok

Sabtu, 14 November 2015 - 15:49 WIB
3 Mahasiswa Budi Luhur Hadiri Sidang UNESCAP di Bangkok
3 Mahasiswa Budi Luhur Hadiri Sidang UNESCAP di Bangkok
A A A
JAKARTA - Program Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Budi Luhur (UBL) mengirimkan tiga mahasiswanya ke sidang The United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (UNESCAP).

UNESCAP merupakan kegiatan yang dilangsungkan setiap dua tahun sekali. Kegiatan ini kerap mengundang perwakilan resmi pemerintah dan para pemangku kepentingan lain untuk mendiskusikan isu-isu penting berkenaan dengan pembuatan kebijakan perdagangan dan investasi di kawasan Asia Pasifik.

Dalam pertemuan UNESCAP ini, perwakilan negara yang hadir berusaha mencari jalan keluar dan berkolaborasi untuk mengatasi kondisi perdagangan dan investasi di Asia Pasifik yang sedang lesu.

"FISIP UBL adalah kampus pertama yang menjadi peninjau dalam sidang UNESCAP," kata Executive Secretary UNESCAP Dr Shamsad Akhtar, kepada wartawan dalam pesan elektroniknya, Sabtu (14/11/2015).

Ditambahkan dia, para mahasiswa akan mengikuti sidang di kursi peninjau. Mereka akan belajar langsung mengenai prosedur dan mekanisme sidang. Mereka juga mengamati bagaimana dialog yang terjadi selama sidang berlangsung. Terutama bagaimana para pemangku kepentingan merumuskan kebijakan perdagangan dan investasi.

Sementara itu, Dekan FISIP UBL Denik Iswardani Witarti mengatakan, kunjungan ke Bangkok ini memberi pengalaman kepada mahasiswa Hubungan Internasional untuk terlibat langsung dalam sidang di PBB.

Selain menghadiri sidang UNESCAP, para mahasiswa juga berkunjung ke International Diplomacy and Internasional Studies (IDIS), Rangsit University. Di sana, mereka mengikuti diskusi mahasiswa yang melibatkan tiga negara, yaitu Indonesia, Thailand dan Myanmar.

"Diskusi antara FISIP UBL dengan IDIS ini turut memajukan second track diplomacy antara Indonesia dengan Thailand," pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6759 seconds (0.1#10.140)