Mendikbud Nilai Lulusan SMK Lebih Mudah Mendapatkan Pekerjaan

Sabtu, 21 Mei 2016 - 16:46 WIB
Mendikbud Nilai Lulusan SMK Lebih Mudah Mendapatkan Pekerjaan
Mendikbud Nilai Lulusan SMK Lebih Mudah Mendapatkan Pekerjaan
A A A
JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan bahwa para pelajar dari lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) lebih berpeluang besar mendapatkan kesempatan dalam dunia kerja.

"Ketika berbicara tentang suatu pilihan, itu sifatnya mikro, individual, dan mencerminkan kepentingan. Saya tidak bisa menekankan untuk mengambil pendidikan SMK atau SMU. Tapi yang bisa saya dorong, peluang untuk berkarya, industri, manufaktur, jasa, perkembangan yang amat pesat," ujar Anies di kawasan MH Thamrin, Jakarta, Sabtu (21/5/2016).

Dia menyampaikan, bahwa seseorang yang menempuh pendidikan lewat jalur SMK akan mudah dalam mendapatkan pekerjaan dan bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

"Selesai SMK, dia bisa bekerja, bisa menjadi bagian dari menopang keluarga. Dan ini jembatan yang sangat luas sekali, dari rute SMK ini peluangnya besar. Kalau kita lihat di banyak tempat, lulusan SMK banyak dapat kesempatan, tapi ini mungkin berlaku di luar jakarta," tandasnya.

Karena itu, Anies berpandangan pendidikan lewat jalur SMK merupakan investasi yang cukup baik sebab bisa langsung berkarya ketika lulus sekolah. Dia pun mendorong siswa tamatan SMP tak sungkan untuk memilih melanjutkan ke SMK.

"Teman-teman yang lulusan SMP, dan meneruskan ke SMK, mereka itu bisa langsung berkarya, bisa dapat langsung mendapatkan pemasukan. Kuliah itu, bisa dilakukan setelah bekerja atau sambil juga bekerja."

"Jadi tidak harus habis lulus langsung kuliah. Nah bagi perusahaan atau orang-orang yang mengadakan rekruitmen, harus membuka kesempatan yang sama, harus setara kesempatannya," tuturnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6925 seconds (0.1#10.140)