UI Bangga Masuk 200 Kampus Top Asia

Kamis, 23 Juni 2016 - 13:26 WIB
UI Bangga Masuk 200 Kampus Top Asia
UI Bangga Masuk 200 Kampus Top Asia
A A A
JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) menjadi perguruan tinggi pertama dan satu-satunya dari Indonesia yang turut diperhitungkan oleh Times Higher Education bersama dengan lebih dari 200 perguruan tinggi yang tersebar di 22 negara di Asia.

"UI berada di dalam kelompok 181-190 perguruan tinggi terbaik di Asia. Pemeringkatan tersebut dilakukan oleh media Inggris Times Higher Education (THE) University Rankings 2016 yang baru saja merilis Asia University Ranking 2016 pada Selasa 21 Juni 2016," kata Kepala Humas dan Kantor Komunikasi dan Informasi UI, Riffely Dewi Astuti melalui siaran pers, Rabu 22 Juni 2016.

Singapura menjadi rumah bagi dua perguruan tinggi terbaik di Asia, yaitu National University of Singapore dan Nanyang Technological University yang menduduki peringkat pertama dan kedua se-Asia.

Sementara Republik Rakyat China dan Jepang adalah negara dengan perguruan tinggi terbanyak yang masuk ke dalam pemeringkatan THE, yaitu sebanyak 39 perguruan tinggi. Taiwan dan Korea Selatan bersama-sama berhasil membawa 24 perguruan tingginya masuk ke dalam pemeringkatan THE Asia.

Sejumlah negara tetangga Indonesia di antaranya Thailand berhasil memiliki tujuh perguruan tinggi di dalam pemeringkatan THE Asia. Sedangkan Malaysia memiliki empat perguruan tinggi yang masuk ke dalam list THE Asia University Ranking 2016.

Rektor UI Muhammad Anis mengaku bangga atas apa yang dicapai kampus yang dipimpinnya. “Kami berbangga hati atas pencapaian ini di mana UI menjadi perguruan tinggi pertama dan satu-satunya yang mewakili Indonesia di mata Asia dan dunia melalui pemeringkatan THE," katanya.

Anis mengungkapkan sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia, UI akan melesat maju menjadi perguruan tinggi yang berkontribusi lebih untuk meningkatkan pertumbuhan dan daya saing nasional, mempromosikan kewirausahaan dan inovasi serta mengatasi tantangan sosial.

Dia menegaskan UI terus berbenah untuk meningkatkan kualitas pendidikan, riset dan pengabdian masyarakat. Adapun caranya dengan meningkatkan publikasi jurnal ilmiah internasional serta upaya internasionalisasi melalui peningkatan jumlah tenaga pendidik dan mahasiswa asing.

"Membangun kerja sama global dengan perguruan tinggi terbaik di Amerika, Australia, Eropa dan Asia menjadi sejumlah faktor pendorong kesuksesan UI di kancah pendidikan Asia," kata Anis.

Metode perangkingan THE menitikberatkan pada indikator riset yang dilakukan oleh sivitas akademika universitas. THE Asia University Ranking menggunakan lima kelompok besar indikator kinerja universitas yang dikalibrasi ulang untuk mencerminkan atribut sistem pendidikan tinggi di Asia.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8993 seconds (0.1#10.140)