Mercubuana Gelar Debat Nasional Bahasa Inggris

Senin, 01 Agustus 2016 - 21:31 WIB
Mercubuana Gelar Debat Nasional Bahasa Inggris
Mercubuana Gelar Debat Nasional Bahasa Inggris
A A A
JAKARTA - Universitas Mercubuana, Meruya, Kembangan, Jakarta Barat menggelar acara debat nasional bahasa Inggris. Acara ini merupakan gelaran tahunan yang kedelapan, dan diikuti oleh mahasiswa dari 112 universitas di Indonesia.

Perwakilan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Riset dan Teknologi, Widyo Winarso mengatakan, gelaran ini untuk mengasah kemampuan intelektual mahasiswa.

Apalagi, dalam kompetisi ini peserta tak hanya dituntut mahir berbahasa Inggris, melainkan memiliki pengetahuan cukup dan kritis untuk berargumentasi. "Materi isu yang kita mainkan juga kan cukup luas, jadi ini bisa menjadi bahan pengetahuan teman-teman mahasiswa," kata Widyo, Senin (1/8/2016).

Dalam gelaran ini, Widyo menyebutkan peserta berjumlah 336 orang yang diselenggarakan selama lima hari mulai dari 31 Juli hingga 5 Agustus 2016 nanti.

Nantinya, pemenang acara ini, lanjut Widyo, nantinya akan dikirimkan untuk acara tingkat internasional yang digelar di Belanda. Untuk meningkatkan kualitas debat bahasa Inggris, Dikti akan membuat forum untuk memperkuat aturan main.

Dengan demikian ketika mengikuti ajang internasional itu, peserta memiliki kemampuan dan kecakapan berargumentasi dengan bahasa Inggris.

Sementara, Wakil Rektor Bidang Alumni, Inovasi dan Hubungan Internasional Universitas Mercubuana, Dana Santoso mengatakan, dipercayanya Universitas Mercubuana menggelar acara tersebut memberikan respons positif bagi mahasiswa.

"Ini bisa menjadi motivasi anak-anak untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris," kata Dana.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7619 seconds (0.1#10.140)