Unpad Kembangkan Program D4 Sejak 2016/2017

Kamis, 30 November 2017 - 09:23 WIB
Unpad Kembangkan Program...
Unpad Kembangkan Program D4 Sejak 2016/2017
A A A
BANDUNG - Sejak tahun akademik (TA) 2016-2017, Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung telah meningkatkan jejang keseluruhan pendidikan diploma tiga (D3) menjadi diploma empat (D4). Peningkatan program ini, disebut sebagai program sarjana terapan.

Kepala Kantor Informasi Publik Unpad Bandung Ade Kadarisman mengatakan, peningkatan jenjang ini diharapakan dapat menjembatani lulusan untuk masuk ke jenjang pascasarjana terapan di masa yang akan datang.

Basis dari jenjang D4 ini pendidikan vokasional, yakni program pendidikan yang kurikulumnya lebih menitikberatkan kepada praktis dan profesional.

Metode pendidikan D4 yang dikembangkan Unpad Bandung, kata Ade, mengimplementasikan program open extended campus.

"Jadi pengembangan pendidikan dengan pendekatan kolaborasi, bekerja sama dengan berbagai pihak dari dunia profesional, itu kita kembangkan," kata Ade kepada KORAN SINDO, kemarin.

Di Unpad Bandung, ujar Ade, terdapat beberapa program studi yang sebelumnya D3 diubah menjadi D4. Antara lain, D3 Ekonomi dan Bisnis diubah menjadi D4 Perpajakan (Fakultas Ekonomi).

Kemudian, D3 Kehumasan menjadi D4 Manajemen Produksi Media (Fakultas Ilmu Komunikasi/Fikom). D3 Administrasi Pemerintahan diubah menjadi D4 Administrasi Publik (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Lalu, D3 Analis Kimia jadi D4 Kimia Terapan (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam/MIPA). Jauh sebelumnya, Unpad telah membuka program studi D4 Kebidanan.

Sebuah prodik untuk sampai fase pengembangan, lanjut dia,di internalnya harus ada presentasi dulu di hadapan senat akademik dan mendapatkan verifikasi dari satuan penjaminan mutu Unpad, apakah layak atau tidak untuk dikembangkan menjadi prodi.

"Kenapa program D4 dikembangkan, karena ini sesuai visi Pak Rektor (Tri Hanggono Achmad), dalam mengembangkan Unpad transformative learning," ujar Ade.

Ade mengungkapkan, selain itu, dalam pendidikan vokasional, otomatis para mahasiswa mengikuti pemagangan atau praktik kerja lapangan (PKL) karena bagian dari kurikulum. Lamanya magang, masing-masing bidang keilmuan berbeda. Tergantung kurikulum dan bidang keilmuan.

"Sejak TA 2016-2017 Unpad membuka program D4, minat calon mahasiswa cukup tinggi. Apalagi sekarang orang pengen bekerja lebih cepat yah. Pendidikan vokasional ini menjadi jawaban bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pengetahuan yang berbasis praktis dan profesional," tandas Ade.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1625 seconds (0.1#10.140)