Sejuta Siswa Lolos Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk PTN

Jum'at, 23 Februari 2018 - 12:15 WIB
Sejuta Siswa Lolos Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk PTN
Sejuta Siswa Lolos Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk PTN
A A A
JAKARTA - Sebanyak 1.033.218 siswa dinyatakan lolos pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 setelah masa pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) telah ditutup 12 Februari lalu. Masa pengisian PDSS harusnya ditutup pada 10 Februari, tetapi diperpanjang hingga 12 Februari karena masih adanya sekolah yang belum finalisasi dan siswa belum terverifikasi.

Ketua Panitia SNMPTN/ SBMPTN 2018 Ravik Karsidi menjelaskan, setelah masa pengisian PDSS ditutup dilakukan pengecekan kelengkapan persyaratan berdasarkan data yang dimasukkan oleh sekolah dan melakukan pemeringkatan berdasarkan akreditasi sekolah. Pengecekan ini untuk menyeleksi siswa yang dapat melanjutkan ke proses pendaftaran SNMPTN selanjutnya sebagai calon peserta.

"Kini tercatat 1.033.218 siswa yang lolos sebagai calon peserta SNMPTN 2018. Pendaftaran SNMPTN 2018 telah dimulai pada Rabu (21/2/2018) mulai pukul 08.00 WIB," katanya.

Masa pendaftaran SNMPTN akan ditutup pada 6 Maret mendatang. Panitia akan mengumumkan secara resmi siswa yang akan masuk kuliah lewat jalur prestasi ini pada 17 April. Selanjutnya proses verifikasi dokumen dan pendaftaran ulang di PTN masing-masing bagi yang lulus seleksi akan dilaksanakan pada 8 Mei.

Siswa yang berhasil ke PTN sebelumnya dibuat peringkat oleh panitia berdasarkan nilai mata pelajaran. Untuk jurusan IPA, mata pelajaran yang dilihat adalah matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, kimia, fisika, dan biologi. Sementara itu untuk jurusan IPS adalah matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, sosiologi, ekonomi, dan geografi. Jurusan bahasa ialah matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, sastra Indonesia, antropologi, dan salah satu bahasa asing.

Adapun pemeringkatan untuk pelajar SMK dilihat dari nilai pelajaran matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan kompetensi keahlian (teori kejuruan dan praktik kejuruan). Berdasarkan pemeringkatan prestasi akademik yang dilakukan panitia pusat inilah siswa yang memenuhi syarat diizinkan untuk mendaftar SNMPTN 2018.

Kepala Humas Panitia SNMPTN/SBMPTN 2018 Tunjung Wahadi menambahkan, jumlah siswa yang lolos boleh mendaftar SNMPTN 2018 sebanyak 1.033.288. Jumlah pendaftar yang sudah finalisasi data sebanyak 12.604. Sementara siswa yang mendaftar lewat jalur Bidikmisi ada 2.981 siswa dari jumlah sekolah sebanyak 5.222 sekolah. Tunjung juga memastikan server akan dipantau semaksimal mungkin untuk mencegah lambannya jaringan dikarenakan jumlah yang mengakses laman sangat banyak dalam waktu bersamaan.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0441 seconds (0.1#10.140)