PSM ITB Borong Enam Medali Emas di Kompetisi Internasional

Rabu, 25 Juli 2018 - 14:46 WIB
PSM ITB Borong Enam Medali Emas di Kompetisi Internasional
PSM ITB Borong Enam Medali Emas di Kompetisi Internasional
A A A
BANDUNG - Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil memborong enam medali emas dalam kompetisi paduan suara tingkat internasional "The 57th Seghizzi Internasional Choral Singing Competition 2018" di Kota Gorizia, Italia. Selain enam emas, PSM ITB juga membawa pulang dua penghargaan lainnya.

Dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, PSM-ITB mengikuti 2 dari 7 kategori yang dilombakan yaitu 1d (polyphonic-historical period atau lagu-lagu era 1911 sampai sekarang) dan 2a (Folk and Traditional Music). Kedua kategori itu diikuti oleh 7 paduan suara dari beberapa negara pada 20-22 Juli 2018.

Ketua PSM-ITB, Tiffany Talita mengaku senang dan bangga karena perjuangan yang telah dilakukan selama beberapa bulan ini tidak sia-sia. Selain itu, dia dan rekan-rekan tim berjumlah 38 orang itu merasa bangga karena bisa mengharumkan nama ITB dan Indonesia di mata dunia.

"Setelah ini karena tujuan kami selain ikut kompetisi, kami juga mau mengenalkan budaya Indonesia di Eropa, kami juga mengadakan konser kebudayaan di kota Viellesse, Italia," ujar Tiffany, Rabu (25/7/2018).

Ketua Pelaksana ITB Cultural Tour 2018, Timothy Pranata menceritakan proses bisa sampai masuk ke babak Grand Prix dan mengalahkan peserta lain dari berbagai dunia tidaklah mudah.

Timothy berharap, langkah PSM ITB yang sudah menorehkan prestasi di tingkat internasional juga diikuti oleh PSM lainnya. Tak hanya sekadar ikut ajang kompetisi tapi juga turut mengenalkan kebudayaan Indonesia di kancah dunia.

Keikutsertaan PSM ITB di ajang tersebut, sekaligus dalam rangka ITB Cultural Tour 2018. Acara tour kebudayaan dari PSM ITB ini memang rutin digelar setiap dua tahun sekali.

Tujuannya selain mengenalkan budaya bangsa, juga untuk meningkatkan kualitas PSM di bidang tarik suara. Untuk mengikuti lomba tersebut, tim yang berjumlah 38 orang ini sudah melakukan persiapan sejak Agustus tahun lalu dengan membentuk kepanitiaan khusus.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0427 seconds (0.1#10.140)