Wisuda di IPDN, Jokowi Ingatkan Pamong Praja Muda Jaga Integritas

Jum'at, 27 Juli 2018 - 14:49 WIB
Wisuda di IPDN, Jokowi Ingatkan Pamong Praja Muda Jaga Integritas
Wisuda di IPDN, Jokowi Ingatkan Pamong Praja Muda Jaga Integritas
A A A
SUMEDANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewisuda 1.456 Praja Muda Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Kampus IPDN Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (27/7/2018). Dalam kesempatan itu, Jokowi mengingatkan, Pamong Praja Muda sebagai penentu reformasi pemerintahan.

Jokowi menegaskan, pelantikan lulusan IPDN menjadi Pamong Praja Muda bukanlah semata-mata kenaikkan status, melainkan peneguhan terhadap kewajiban dan tanggung jawab sebagai Pemong Praja Muda. "Harus saudara ingat, saudara adalah masa depan pemerintahan mulai tingkat pusat, kabupaten, hingga pelosok, dan penentu reformasi di instansi yang nanti kalian ditugaskan," kata Jokowi di Kampus IPDN Jatinangor, Sumedang, Jumat (27/7/2018).

Jokowi meminta Pamong Praja Muda sungguh-sungguh mengabdi kepada Pancasila, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Pamong Praja Muda juga wajib meningkatkan dan mendorong kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Tangan kalianlah yang akan menjalankan adaptasi dan reformasi itu. Hati kalianlah yang akan merawat kedekatan dengan rakyat dan melayani rakyat, tekad kalianlah yang akan memperkokoh Pancasila, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika," paparnya.

Jokowi juga mengingatkan agar para Pamong Praja Muda mampu menjaga integritasnya sebagai pelayan masyarakat di tempat mereka bertugas nanti. "Pamong Praja Muda ini nantinya kan di tempatkan di tempat-tempat yang berhubungan dengan masyarakat. Jadi integritas itu nomor satu dan itu harus selalu diingat," tegasnya.

Selain itu, para Pamong Praja Muda juga harus mengedepankan kecepatan dalam pelayanan kepada masyarakat, termasuk merespons segala hal yang menjadi keinginan masyarakat.

"Saya kira memang perubahan jaman yang sekarang ini kita hadapi, yang muda muda ini harus lebih responsif, lebih cepat, lebih tanggap terhadap keinginan-keinginan di masyarajat," tandasnya.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8032 seconds (0.1#10.140)