Kemendikbud Gelar Pekan Pendidikan dan Kebudayaan

Minggu, 28 April 2019 - 20:30 WIB
Kemendikbud Gelar Pekan Pendidikan dan Kebudayaan
Kemendikbud Gelar Pekan Pendidikan dan Kebudayaan
A A A
JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar pekan pendidikan dan kebudayaan "Harmoni Bersama Masyarakat" di Plaza Kemendikbud, Jakarta Selatan, pada Minggu (28/4/2019). Dalam event ini juga tersedia pameran beasiswa yaang diperuntukan bagi masyarakat yang ingin melakukan konsultasi dan membuat renca studinya.

Pekan pendidikan dan kebudayaan ini merupakan rangkaian dari acara memperingati Hari Pendidikan Nasional. Mengusung tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan” dengan “Mewujudkan SDM Kompetitif, Inovatif, dan Berkarakter” acara yang digelar setiap tahun ini diisi berbagai kegiatan seperti, jalan sehat, senam pagi, dan panggung hiburan.

Selain itu, terdapat pameran beasiswa yang diperuntukan bagi yang ingin melakukan konsultasi dan membuat rencana studinya. Hal ini merupakan upaya pemerintah untuk memberikan wadah sekaligus sebagai sentral informasi bagi siapa saja yang mencari peluang beasiswa yang diselenggarakan oleh Kemendikbud. Adapun pameran beasiswa ini akan berlangsung hingga 30 April 2019 mendatang dan berlokasi di Halaman Masjid Baitut Tholibin Kompleks Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy mengatakan, pameran beasiswa ini dapat dimanfaatkan bagi para siswa yang telah diberikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang jumlahnya Rp17.900.000 untuk siswa seluruh Indonesia. "Sedangkan bagi guru yang berprestasi, dapat memanfaatkan pameran beasiswa ini berkonsultasi melanjutkan studi graduate program-nya atau mengambil kursus jangka pendek diluar negeri," kata Muhadjir di sela-sela kegiatan.

Untuk diketahui beberapa waktu lalu sudah dilakukan pengiriman 1.200 guru untuk belajar keluar negeri mengambil kursus selama kurang lebih satu bulan dengan tujuan agar para guru ini mendapat keterampilan tambahan dan memperluas wawasan dalam sistem pengajaran yang dapat diaplikasikan guna meningkatkan darma bakti terbaiknya untuk siswa di Indonesia. Hal ini akan terus dilakukan Kemendikbud sebagai upaya terus membangun kualitas sumber daya manusia dan diharapkan pada periode berikutnya dapat melanjutkan apa yang sudah dicapai atau dilaksanakan ini.

Selain pameran beasiswa, terdapat juga berbagai kegiatan lain yang tentunya sangat bermanfaat bagi siswa maupun guru serta masyarakat luas dengan nilai pendidikan dan kebudayaan yang tinggi, di antaranya pameran buku murah, festival kerja, pameran foto pendidikan, membuat mural (Komunitas Mural), melukis sketsa wajah, kuliner oleh SMK, dan lain sebagainya. Puncak Pekan Pendidikan dan Kebudayaan ini akan berlangsung hingga 2 Mei 2019 mendatang baik di Kemendikbud Pusat maupun di daerah.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0306 seconds (0.1#10.140)