Kemendikbud Memanggil Insan Pendidikan Bergabung Program Guru Penggerak

Jum'at, 19 Juni 2020 - 17:23 WIB
loading...
Kemendikbud Memanggil Insan Pendidikan Bergabung Program Guru Penggerak
Telah dibuka calon pendamping guru bergerak
A A A
JAKARTA - Salah satu pilar penting untuk memajukan pendidikan adalah Guru. Guru perannya sangat penting, tidak hanya menyampaikan rentetan materi. Namun guru menjadi katalisator ilmu. Seperti pada sebuah reaksi kimia, katalisator memegang peranan dalam kecepatan reaksi, artinya, Guru bisa memantik siswanya mampu memahami masalah yang kemudian mampu memecahkannya.

Sederhananya, Guru mampu mengarahkan siswanya untuk lebih cepat memahami suatu permasalahan dan kemudian memecahkannya. Mengingat pentingnya peran Guru, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memanggil insan pendidikan terbaik bangsa turut serta menjadi tim pendukung Guru Penggerak.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Iwan Syahril, di Jakarta, Jumat (12/06/2020) menyatakan ajakannya agar para insan pendidikan terbaik bangsa bergabung menjadi tim pendukung Guru Penggerak.

Dalam kesempatan tersebut Iwan juga menegaskan, pada dasarnya transformasi pendidikan yang kita cita-citakan bersama, hanya bisa terwujud di saat semua pemangku kepentingan berorientasi pada murid. Undangan ini ditujukan pada widyaiswara, guru, kepala sekolah, dan praktisi pendidikan untuk menjadi fasilitator dan pendamping calon Guru Penggerak.

Selama ini, hasil studi Programme for International Student Assessment (PISA) yang dirilis oleh Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) dari tahun ke tahun menunjukkan Indonesia sebagai salah satu negara dengan peringkat hasil PISA rendah di dunia. Untuk itu, Kemendikbud melakukan terobosan salah satunya melalui program Guru Penggerak.
Program ini juga diharapkan mampu mencetak SDM unggul yang berkompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. “Bergotong royong dengan semua pemangku kepentingan untuk mencetak SDM unggul adalah kunci transformasi pendidikan untuk mencapai visi Indonesia 2045,” tuturnya.

Peran Penting Fasilitator dan Pendamping Guru Penggerak
Program Guru Penggerak pada dasarnya untuk meningkatkan kompetensi guru. Dalam prosesnya akan diisi dengan banyak pelatihan dan pendampingan. Tujuannya agar guru dan kepala sekolah mampu menciptakan ekosistem pendidikan yang bisa meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar murid.

Tahun ini, Kemendikbud akan merekrut 280 fasilitator dan 560 pendamping. Peran fasilitator dan pendamping akan menjadi kunci dalam memastikan dampak baik dan keberlangsungan program Guru Penggerak.

Kemendikbud mengajak para widyaiswara untuk mendaftarkan diri sebagai fasilitator. Fasilitator berperan dalam memandu proses pelatihan daring, mengumpulkan tugas-tugas peserta, memberi umpan balik dan motivasi, serta memfasilitasi refleksi belajar selama proses pelatihan calon Guru Penggerak.

Partisipasi guru, kepala sekolah, dan praktisi pendidikan yang memiliki pengalaman dan mempraktikan merdeka belajar juga didorong untuk mengikuti seleksi sebagai pendamping. Para partisipan tersebut akan berperan sebagai pelatih dan mentor bagi para calon Guru Penggerak.
Para pendamping diharapkan dapat menjadi rekan diskusi untuk membantu calon Guru Penggerak dalam mengimplementasikan merdeka belajar di sekolah. Mereka akan memfasilitasi lokakarya bulanan, mencatat perkembangan, dan memberi umpan balik yang konstruktif.

Jadi, ayo, bagi insan pendidikan yang terpanggil untuk memajukan pendidikan Indonesia,segera mendaftar di https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/. Rekrutmen fasilitator dibuka pada Senin, 15 Juni hingga Rabu 24 Juni 2020. Sementara rekrutmen pendamping telah dibuka Senin, 15 Juni dan ditutup Jumat, 26 Juni 2020. (atik/info)
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1629 seconds (0.1#10.140)