Mahasiswa UI Juara Vocational Banking and Finance Competition 2019

Selasa, 10 Desember 2019 - 17:57 WIB
Mahasiswa UI Juara Vocational Banking and Finance Competition 2019
Mahasiswa UI Juara Vocational Banking and Finance Competition 2019
A A A
JAKARTA - Mahasiswa Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan, Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) meraih juara dalam kompetisi Vocational Banking and Finance Competition (Voice).

Lomba digelar di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada 4-6 Desember 2019. Mereka yang berprestasi di ajang tersebut, yakni Vici Saputri meraih Juara 1 Grooming Putra Putri Bankir 2019, kemudian Adrian Alamsyah Saputra meraih Juara 1 Essai tema SDM yang Adaptif terhadap Fintech, Maharani dan Tira Nur Fahira meraih Juara 2 dan Harapan 2 Teller.

VOICE merupakan ajang kompetisi yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Keuangan Perbankan Indonesia (HMKPI) di bawah pengawasan Dosen Ilmu Keuangan Perbankan Indonesia yang diselnggarakan tahunan.

"Ajang kompetisi mahasiswa tersebut merupakan rangkaian dari acara Kongres Nasional II Asosiasi Program Diploma Tiga Keuangan dan Perbankan Indonesia (ADIKPI) dan diikuti tidak kurang dari 30 orang delegasi kampus anggota ADIKPI seluruh Indonesia," tutur Ketua Program Studi Prodi Administrasi Keuangan dan Perbankan Vokasi UI, Dede Suryanto, Selasa (10/12/21019).

Kompetisi digelar selama tiga hari ini diikuti oleh mahasiswa Program Studi Keuangan Perbankan dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Misalnya Universitas Indonesia, Universitas Kristen Indonesia (UKI), Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ), Universitas Islam Indonesia Yogyakarta (UII), Politeknik Negeri Semarang, Universitas Wali Songo, STIE Perbanas Surabaya, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), dan lainnya.

"Ada banyak jenis kompetisi yang diadakan, yaitu Teller competition, Customer Service Competition dan Grooming yang digelar on the spot. Kemudian ada juga lomba Essai dengan tema “SDM yang Adaptif Terhadap Fintech yang dilakukan secara online dan lomba Video financial planner dan Business plan yang digelar secara online," paparnya. (Baca Juga: Ini Kampus Terhijau versi UI GreenMatic Word University)

Dede mengapresiasi capaian pengurus sebelumnya yang telah berhasil menuntaskan kerangka capaian pembelajaran D3 dan harapannya pengurus yang baru dapat menuntaskan kerangka capaian pembelajaran D4.

"Semoga keanggotaan ADIKPI ke depan dapat bertambah lagi agar tercipta sinergi dan kerjasama untuk peningkatan mutu pendidikan tinggi vokasi khususnya bidang keuangan dan perbankan," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Laboratorium Administrasi Keuangan dan Perbankan Vokasi UI, Vindaniar Yuristamanda Putri menambahkan, laboratorium di Vokasi UI dirancang untuk melatih skill mahasiswa agar siap dan memiliki skill yang dibutuhkan industri.

"Setelah berlatih di laboratorium, kami dorong mereka untuk berkompetisi," katanya.

Dalam acara tersebut juga digelar pemilihan kepengurusan baru ADIKPI dan penandatanganan nota kesepahamam. Pada pergantian pengurus tersebut, terpilih Dede Suryanto, Ketua Program Studi Adminstrasi Keuangan dan Perbankan Vokasi UI sebagai Ketua Umum ADIKPI periode 2019-202. R Ratna Purnama
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9033 seconds (0.1#10.140)