Ornamen Header
Tak Perlu Keluar Rumah, Menyaksikan Keindahan Indonesia Bisa #dirumahaja
Tak Perlu Keluar Rumah, Menyaksikan Keindahan Indonesia Bisa #dirumahaja
Tak Perlu Keluar Rumah, Menyaksikan Keindahan Indonesia Bisa #dirumahaja
Di tengah pandemik corona yang melanda Indonesia, www.indonesiakaya.com tetap berusaha menghadirkan sajian hiburan-hiburan menarik di akun YouTube Indonesia Kaya. Asyiknya, program seru ini dapat dinikmati masyarakat Tanah Air selama berdiam #dirumahaja.

Salah satu konten yang bisa ditonton adalah webseries Jurnal Indonesia Kaya, program edukatif dan informatif yang telah diluncurkan di channel YouTube Indonesia Kaya, sejak 4 Agustus 2015. Sampai dengan akhir Maret 2020, Jurnal Indonesia Kaya telah memiliki 59 episode yang diunggah setiap bulannya. Selama 5 tahun, Jurnal Indonesia Kaya telah menjelajahi 58 daerah di Indonesia, mulai ujung barat Indonesia, yaitu daerah Aceh dan Pulau Weh, hingga ujung timur Indonesia, yaitu Sorong dan Raja Ampat.

Selain memanjakan mata dengan keindahan alam Indonesia, Jurnal Indonesia Kaya juga mengajak masyarakat untuk melihat kebudayaan dari berbagai daerah di Indonesia, mulai kain atau pakaian tradisional, upacara, alat musik, hingga kulinernya. Program yang rata-rata berdurasi kurang lebih 10 menit ini juga telah disaksikan ratusan ribu penonton di setiap episodenya.

Program Director www.indonesiakaya.com Renitasari Adrian mengungkapkan, pihaknya ingin menjadi solusi hiburan bagi para penikmat seni, melalui konten-konten menarik yang ada di kanal YouTube Indonesia Kaya. Salah satu konten unggulan yang mereka siapkan adalah Jurnal Indonesia Kaya, yang menghadirkan dokumentasi jurnal perjalanan travel blogger Febrian yang menceritakan pengalaman serunya ketika menemukan kekayaan, kreativitas, dan keramahtamahan masyarakat di berbagai daerah dan pulau di Indonesia.



“Seluruh syuting untuk kebutuhan video Jurnal Indonesia Kaya ini dilakukan sebelum ada arahan untuk swakarantina dan physical distancing. Kami harap, kisah-kisah perjalanan Febrian dapat menambah wawasan, menghibur, memberi semangat kepada para penikmat seni yang sedang #dirumahaja,” kata Renitasari.

Sebenarnya www.indonesiakaya.com sudah cukup lama menggandeng Febrian untuk menjadi host dan pengisi konten Jurnal Indonesia Kaya, persisnya sejak 2015. Nama Febrian sendiri tentunya sudah tidak asing di telinga para pengguna media sosial dan penyuka traveling. Pria kelahiran Kuningan, Jawa Barat, 26 Februari 1988, ini mengawali kariernya sebagai seorang penyanyi dengan menjadi backing vocal untuk Mario Ginanjar (Kahitna), bergabung di Elfa's Jazz and Pop Singers. Pada awal 2010, dia berhasil menyandang predikat sebagai penyanyi solo pria favorit nomor dua setelah Afgan Syahreza. Dia digandeng Nagaswara Music dan mengeluarkan lagu yang sempat hit.

Selain menyanyi, Febrian juga memiliki minat luar biasa terhadap traveling, untuk mengeksplorasi tempat-tempat yang belum pernah dikunjunginya dan menulisnya dalam jurnal. Kemampuannya menulis juga diperoleh secara autodidak. Meski mulanya Febrian mengaku tak piawai menulis, lama-lama ia terbiasa dan menjadi penulis jurnal travel.



Dalam episode Jurnal Indonesia Kaya terbaru berjudul Menyusuri Kawasan Wisata Tarakan Kalimantan Utara, Febrian bahkan menjelajahi wisata sejarah dan budaya Kota Tarakan yang merupakan salah satu kota terbesar di Kalimantan Utara. Tarakan sendiri memiliki beberapa museum sejarah yang menarik, salah satunya berada dalam kompleks museum yang disebut Gedung Putih.
Bangunan berwarna putih ini terbagi menjadi dua bagian yang sama persis sehingga kerap disebut sebagai Museum Kembar. Bangunan pertama adalah Museum Sejarah Perang Dunia yang mencatat Tarakan sebagai tempat tentara Jepang pertama kali datang ke Indonesia. Dan, bangunan kedua adalah Museum Sejarah Perminyakan, karena Tarakan merupakan daerah perintis pengeboran minyak bumi yang dilakukan oleh Belanda sejak awal 1900-an.
halaman ke-1 dari 2
TULIS KOMENTAR ANDA!