Pelaksanaan ujian hari pertama kacau

Senin, 05 Mei 2014 - 16:53 WIB
Pelaksanaan ujian hari pertama kacau
Pelaksanaan ujian hari pertama kacau
A A A
Sindonews.com - Pelaksanaan ujian nasional tingkat SMP dan sederajat kacau di sejumlah daerah. Pasalnya, lembar soal ujian mata pelajaran Bahasa Indonesia banyak yang cacat cetak, seperti soal ganda dan tidak beraturan, serta nomor yang hilang.

Bahkan, soal ujian untuk siswa berkebutuhan khusus, seperti tunanetra, tidak bertuliskan huruf braille. Alhasil, para siswa kesulitan mengerjakan soal ujian, karena tidak bisa membaca soal yang diberikan.

Baru setelah dibacakan oleh guru pendamping, para siswa bisa mengerjakan soal. Namun, mereka harus bekerja dua kali. Sebab, mendengarkan guru pendamping, mereka harus mencatat kembali soal dengan huruf braille, baru dikerjakan.

Berdasarkan catatan redaksi, kesalahan cetak lembar soal ujian Bahasa Indonesia tingkat SMP itu terjadi hampir semua daerah. Mulai dari Pulau Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.

Kekacauan pelaksanaan ujian nasional hari pertama ini juga ditemukan perwakilan Komisi X DPR RI saat meninjau langsung ke daerah, dan akan dilaporkan ke Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas).

Akibat kesalahan cetak tersebut, pelaksanaan ujian di Majene, Sulawesi Barat, bahkan diundur tiga jam, dari yang seharusnya pukul 07.30 WIB menjadi pukul 09.00 WIB.

Dengan adanya kesalahan ini, para siswa jelas sangat dirugikan. Sebab, berdampak langsung dengan konsentrasi mereka dalam mengerjakan soal ujian. Terlebih bagi para siswa berkebutuhan khusus yang harus dua kali bekerja.

Khusus soal ujian bertuliskan huruf braile, pada tahun sebelumnya juga terjadi hal serupa. Para siswa tunanetra tidak diberikan soal bertuliskan huruf braille. Pemerintah lagi-lagi mengabaikan hak para siswa minoritas ini.

Diharapkan, pada ujian kedua yang akan dilangsungkan Selasa 6 Mei 2014, kesalahan cetak serupa soal Bahasa Indonesia tidak ditemukan kembali, hingga konsentrasi siswa mengerjakan soal tidak terganggu.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7117 seconds (0.1#10.140)
pixels