UI-Leiden University Kerja Sama Pertukaran Peneliti

Jum'at, 04 Juli 2014 - 14:04 WIB
UI-Leiden University Kerja Sama Pertukaran Peneliti
UI-Leiden University Kerja Sama Pertukaran Peneliti
A A A
JAKARTA - Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) memperkuat kerja sama dengan negeri Kincir Angin. Kerja sama tersebut dilakukan dengan Leiden University di Belanda.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Riset FIB UI Manneke Budiman mengatakan, kerja sama tersebut berupa penelitian dan pertukaran peneliti. Kerja sama dilakukan di bidang sejarah, arkeologi, seni, dan film.

"Ada kerja sama dengan Leiden University di Belanda, penelitian dan pertukaran peneliti. Di bidang sejarah, arkeologi, di bidang sastra, ada proyek mulai dari vilologi, naskah, dokumenter film, seni pertunjukan dan tradisi lisan, pelestarian budaya, museologi, mencakupi ilmu budaya masuk semua," ungkapnya di Kampus UI, Depok, Jumat (4/7/2014).

Ia mengakui banyak situs-situs dan dokumentasi sejarah yang tersimpan sebagai arsip di Belanda. Namun, ia menilai masyarakat Indonesia sulit jika diminta untuk memelihara sumber sejarah tersebut.

"Sangat banyak, kita tidak sedang berusaha meminta data, kita juga enggak yakin bisa dipelihara. Harus serius harus, bikin gedung sendiri," paparnya.

Kerja sama tersebut, kata Manneke, terus diperpanjang setiap tahun. Peneliti yang berkecimpung biasanya untuk jenjang S2 dan S3.

"Tiap tahun terus kita perkuat, setiap saat terbuka berapapun peneliti. Paling banyak di bidang seni pertunjukan. Beberapa profesor juga memanfaatkan kerja sama ini," tandasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1346 seconds (0.1#10.140)