Pemerintah Aktifkan Kembali Menwa

Selasa, 09 Desember 2014 - 22:04 WIB
Pemerintah Aktifkan Kembali Menwa
Pemerintah Aktifkan Kembali Menwa
A A A
JAKARTA - Pemerintah akan mengaktifkan kembali organisasi Resimen Mahasiswa (Menwa) di kampus, sebagai salah satu bentuk penyebaran semangat bela negara.

Direktur Bela Negara Kementerian Pertahanan Laksamana Pertama M Faisal mengatakan, pemerintah akan membuat surat keputusan bersama (SKB) empat menteri.

Yakni, Menteri Pertahanan (Menhan), Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Menteri Riset dan Teknologi serta Pendidikan Tinggi (MenristekDikti).

"Kita akan mengadakan SKB empat menteri, Menpora, Menhan, Mendagri dan Dikti untuk melakukan pembinaan dan pemberdayaan menwa," kata M Faisal di Kantor Kemenhan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (9/12/2014).

"Dan ini akan menjadi salah satu yang dipakai sebagai kader untuk menyampaikan bela negara," imbuhnya.

Sejak reformasi, kata Faisal, kegiatan Menwa sudah tidak lagi berada di bawah pembinaan Komando Daerah Militer (Kodam) dan menjadi bagian dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

"Nah, setelah sekian tahun kita duduk bersama-sama dengan menwa dan beberapa kali rapat mereka perlu payung hukum. Jadi dia (menwa) perlu menempel di beberapa kementerian," ungkapnya.

"Menwa akan kita berdayakan baik secara pembinaannya maupun pemberdayaannya kembali seperti dulu lagi. Artinya kegiatan-kegiatan mereka tentunya bisa diprogramkan, dapat dukungan anggaran dan sebagainya melalui SKB empat menteri," jelasnya.

Dengan adanya payung hukum tersebut, sambung Faisal, maka kampus-kampus bisa kembali mengaktifkan kegiatan menwa.

"Iya bisa lagi (aktifkan menwa), sekarang kan Menwa tetap ada di kampus-kampus tapi kasihan mereka. Artinya, hanya bagian dari UKM sehingga setiap kegiatan mereka itu tidak terprogram dan dukungan anggaran yang bisa mendukung kegiatan mereka," pungkasnya.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8675 seconds (0.1#10.140)