Pemerintah Dorong Perguruan Tinggi Perbanyak Gelar Ganda

Selasa, 03 Maret 2015 - 03:30 WIB
Pemerintah Dorong Perguruan Tinggi Perbanyak Gelar Ganda
Pemerintah Dorong Perguruan Tinggi Perbanyak Gelar Ganda
A A A
BANDUNG - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, mendorong perguruan tinggi untuk memperbanyak program gelar ganda atau double degree.

Direktur Kelembagaan dan Kerja sama Kemenristek Dikti, Hermawan Dipojono mengungkapkan, selama ini pihaknya mendorong kerja sama perguruan tinggi di Indonesia dengan institusi dalam dan luar negeri, terutama kerja sama berorientasi pengembangan potensi Indonesia.

“Kita tidak ingin kerja sama itu tidak hanya sekadar mengambil mahasiswa kita untuk dikirim ke sana (luar negeri)," kata Hermawan di acara Peringatan Dies Natalis ke-56 Institut Teknologi Bandung (ITB), Senin 2 Maret 2015.

"Dengan menghabiskan dana yang tidak sedikit, istilahnya otak kita diambil, dana kita juga diambil oleh luar negeri,” imbuhnya.

Pihaknya lebih mendorong perguruan tinggi untuk meningkatkan kerja sama double degree. Hal ini dianggap program double degree lebih menguntungkan karena perguruan tinggi Indonesia lebih dikenal di luar negeri, begitu pun dengan hasil penelitiannya.

Tak hanya itu, sistem double degree ini juga diharapkan memicu kerja sama di bidang joint publication yang lebih banyak, sehingga kiprah peneliti Indonesia pun akan terangkat.

Pihaknya mengaku, selama ini untuk program double degree sudah cukup banyak. Tak hanya itu, untuk mendukung hal tersebut dibuatlah working group dengan beberapa perguruan tinggi terkemuka di dunia seperti di Perancis, Jerman, Jepang, dan Amerika.

“Setiap joint working itu anggotanya ada sekitar 25 perguruan tinggi. Hanya saja, saat ini kita tengah mengevaluasi, joint working dengan negara mana saja yang benar-benar produktif. Jika dinilai tidak produktif, maka joint working tersebut lebih baik dihentikan,’ ujarnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7612 seconds (0.1#10.140)