Universitas Trisakti Kerja Sama dengan Australia

Rabu, 22 April 2015 - 17:06 WIB
Universitas Trisakti Kerja Sama dengan Australia
Universitas Trisakti Kerja Sama dengan Australia
A A A
JAKARTA - Universitas Trisakti bekerja sama dengan Australia untuk membuka kelas internasional. Kerja sama ini merupakan pengembangan yang dilakukan Universitas Trisakti sebagai bagian dari peningkatan pendidikan Indonesia. Selain itu, kerja sama pendidikan ini merupakan kesepakatan Indonesia-Australia untuk menyiapkan mahasiswa menghadapi era globalisasi.

Dubes Australia Untuk Indonesia, Paul Grigson, mengatakan pendidikan di Indonesia saat ini sudah berkembang. Pendidikan sudah menjadi bagian yang sangat penting bagi Indonesia.

"Namun demikian, universitas-universitas di Indonesia harus lebih menjelajahi dunia lagi. Sebab mahasiswa butuh pengalaman yang lebih banyak dalam rangka menghadapi era globalisasi ini," kata Grigson dalam acara Interactive Dialogue Between The Australian Ambassador and The Student of Trisakti University di Universitas Trisakti, Jakarta.

Usakti sendiri sudah banyak menjalin kerja sama dengan berbagai universitas di Australia. Baik untuk program Dual Degree (Gelar Ganda), pertukaran pelajar maupun penelitian bersama. Di antaranya adalah dengan Curtin University, Edith Cowan University, dan University of South Australia.

Bahkan kerja sama Usakti dengan Curtin University merupakan hal yang sangat baik dan akan terus dilanjutkan. "Saya akan berbicara dengan Rektorat di sana dan memastikan kerja sama antara Usakti dan Curtin terus berlanjut," ujar Grigson.

Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti Bambang Soedaryono menuturkan, kerja sama dengan universitas di luar negeri menjadi sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan. "Dengan program-program kelas internasional diharapkan dapat dapat menambah networking mahasiswa, pengetahuan mengenai culture asing dan melatih pola pikir mereka dalam menghadapi era globalisasi," ujarnya.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Trisakti, Yuzwar Z Basri, berharap mahasiswanya bisa mendapatkan manfaat setelah melakukan dialog dengan Dubes Australia ini. Dalam rangka visi Universitas Trisakti menjadi universitas berstandar internasional, maka Usakti selalu berusaha untuk membuat kondisi suasana akademik yang menuju pada standar internasional, salah satunya dengan melakukan kerja sama internasional.

"Kita juga selalu mencoba untuk mencari terobosan kegiatan yang sifatnya tidak hanya formal akademik. Namun kami mencoba beberapa pendekatan pada akhirnya mempunyai muatan dan nuansa pendidikan," katanya.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8158 seconds (0.1#10.140)