Lulusan Statistik Banyak Dibutukan di Era Global

Kamis, 30 April 2015 - 04:47 WIB
Lulusan Statistik Banyak...
Lulusan Statistik Banyak Dibutukan di Era Global
A A A
DEPOK - Industri asuransi dari tahun ke tahun semakin berkembang pesat, didukung pula semakin tingginya persaingan industri non bank di pasar terbuka ASEAN maupun Global. Namun sayangnya, pertumbuhan industri asuransi tersebut tidak didukung dengan pertumbuhan jumlah aktuaris di Indonesia.

Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah profesional aktuaris pada tahun 2013 tercatat hanya 336 orang, yang terdiri atas aktuaris tingkat profesional/tingkat fellow (FSAI) sebanyak 178 orang atau 53% dan tingkat ajun (ASAI) sebanyak 158 atau 47%.

Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Komunikasi Universitas Indonesia (UI) Rifelly Dewi Astuti. Ia mengatakan, para lulusan SMA/sederajat tahun penerimaan mahasiswa baru 2015/2016 telah dapat memilih program studi S1 Statistika melalui ujian SIMAK UI 2015 atau ujian tulis SBMPTN 2015. Adapun daya tampung dari program studi S1 Statistika adalah 60 mahasiswa.

Pada jalur masuk melalui ujian SIMAK UI (kuota 15 mahasiswa), pendaftaran telah dibuka pada tanggal 27 April-29 Mei 2015 melalui laman www.penerimaan.ui.ac.id dan ujian SIMAK UI dilaksanakan pada 14 Juni 2015. Sedangkan, Ujian Tulis SBMPTN (kuota 45 mahasiswa) pendaftarannya dapat dilakukan pada 11-29 Mei 2015 serta pelaksanaan Ujian Tulis SBMPTN pada 9 Juni 2015.

"Kesempatan karir bagi lulusan S1 Statistika sangat luas, tidak hanya terbatas sebagai pendidik melainkan juga mencakup sejumlah profesi lainnya yang sangat dibutuhkan di berbagai jenis industri seperti aktuaris dan manajemen risiko, data analis, konsultan statistika, perbankan dan asuransi, penelitian dan pengembangan, pemerintahan-BUMN-swasta serta Riset Pemasaran," jelasnya di Kampus UI Depok, Rabu 29 April 2015.

Selain adanya kebutuhan yang sangat besar akan tenaga statistikawan dan aktuaris, tantangan lainnya yang akan dihadapi adalah kebutuhan akan sumber daya manusia (SDM) yang unggul serta diakui secara internasional yang dapat lulus pada ujian sertifikasi SOA (Society of Actuaries).

Oleh karena itu, kata Rifelly, UI menjawab tantangan tersebut dengan cara mengelola dan mengembangkan program studi yang lebih spesifik, fokus dan terarah di dalam menciptakan tenaga ahli di bidang statistika yaitu dengan menambah satu program studi S1 Statistika yang bernaung di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UI (FMIPA UI).

Ia mengklaim program studi S1 Statistika FMIPA UI didukung dengan tenaga pengajar yang ahli, dilengkapi akses ke jurnal online terkemuka di dunia serta didukung dengan PC berteknologi tinggi dan workstation komputasi yang terhubung dengan jaringan internet gigabyte.

Program Studi S1 Statistika juga telah menjalin kerjasama dengan Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) dalam penyetaraan ujian profesi aktuaris dengan mata kuliah yang terdapat di Program Studi S1 Statistika FMIPA UI.

"Para mahasiswa program studi S1 Statistika juga berkesempatan memperoleh beasiswa ikatan dinas dari AIA serta peluang beasiswa lainnya. Sistem pengajaran serta kurikulum yang diberikan secara langsung turut mempersiapkan mahasiswa S1 Statistika FMIPA UI untuk mampu menghadapi ujian sertifikasi profesi baik secara nasional maupun internasional," tutupnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9004 seconds (0.1#10.140)