Diperingati 8 Maret, Begini Sejarah Perjalanan Hari Perempuan Internasional dari Masa ke Masa

Rabu, 08 Maret 2023 - 08:32 WIB
Sejarah perjalanan Hari Perempuan Internasional dari masa ke masa. Foto/Twitter Womensday.
JAKARTA - Setiap 8 Maret diperingati sebagai Hari Perempuan Internasional di seluruh dunia. International Women's Day (IWD) menjadi perayaan untuk pencapaian sosial, ekonomi, budaya, dan politik perempuan .

Hari Perempuan Internasional juga sebagai momentum untuk mempercepat kesetaraan perempuan di seluruh dunia. Tema Hari Perempuan Internasional tahun ini adalah #EmbraceEquity.

Peringatan Hari Perempuan Internasional telah diperingati selama lebih dari satu abad lalu. Pertemuan IWD pertama dilakukan pada 1911 yang didukung oleh lebih dari satu juta orang.

Dikutip dari laman IWD, berikut ini sejarah perjalanan Hari Perempuan Internasional dari masa ke masa.

1908



Kala itu, penindasan dan ketidaksetaraan perempuan memacu perempuan untuk lebih vokal dan aktif untuk mengkampanyekan perubahan. Dikomandani oleh 15 ribu wanita di New York pada 1908, mereka menuntut jam kerja yang lebih pendek, gaji yang lebih baik, dan hak suara.

Baca juga: Wiluyo Kusdwiharto Terpilih sebagai Ketua PW IKA ITS Jakarta Raya

1909



Sesuai dengan deklarasi Partai Sosialis Amerika, Hari Perempuan Nasional (NWD) pertama diperingati di seluruh Amerika Serikat pada 28 Februari. Perempuan terus merayakan NWD pada hari Minggu terakhir bulan Februari hingga 1913.

1910



Pada 1910, Konferensi Internasional Perempuan Pekerja yang kedua diadakan di Kopenhagen. Clara Zetkin, Pemimpin 'Kantor Wanita' untuk Partai Sosial Demokrat di Jerman, mengajukan gagasan tentang Hari Perempuan Internasional sehingga di seluruh dunia bisa merayakan peringatan yang sama.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More