Haru! Dibesarkan oleh Kakek dan Nenek, Raffi Jadi Wisudawan Terbaik Unnes

Minggu, 12 Maret 2023 - 06:30 WIB
Wisudawan terbaik Universitas Negeri Semarang (Unnes) Raffi Nanda Bagus. Foto/Laman Unnes.
JAKARTA - Kisah inspiratif kali ini datang dari Raffi Nanda Bagus, salah satu wisudawan terbaik Universitas Negeri Semarang ( Unnes ). Raffi yang dibesarkan oleh kakek dan neneknya sejak kecil berhasil menjadi wisudawan terbaik dengan memperoleh IPK 3.9.

Pada Upacara Wisuda ke-114, Raffi didaulat untuk memberikan sambutan sebagai wakil wisudawan. Pada momen yang membahagiakan itu, Rafii bercerita tidak pernah melihat ibundanya karena meninggal dunia tepat di hari Raffi dilahirkan 22 tahun silam.

Kasih Sayang yang Tulus dari Kakek dan Nenek



Sejak saat itulah Raffi kecil tak mempunyai orang tua. Namun beruntung Raffi masih memiliki kakek dan neneknya yang tulus merawat dan menjadi orang tua pengganti Raffi.

Baca juga: UI Gelar Wisuda Tatap Muka, 4.658 Mahasiswa Dinyatakan Lulus

Raffi mengaku tak kekurangan kasih sayang. Sebagai pengganti orang tuanya, kakek dan neneknya menjadi obat penghibur hati yang duka, menjadi penyemangat dan ini adalah sebuah karunia yang besar dalam hidupnya.

“Tentunya itu adalah karunia besar yang terus saya syukuri hingga hari ini. Cinta kasih mereka yang menjadi dorongan saya untuk terus berusaha,” kata Raffi, dikutip dari laman Unnes, Minggu (12/3/2023).

Ditinggal Tiada Kakek saat Tugas Akhir



Raffi yang diasuh kakek dan neneknya sejak kecil pun harus menelan kesedihan saat ditinggal kakeknya saat dia tengah mengerjakan tugas akhir. Namun Raffi tak patah arah. Kepergian kakeknya justru menjadi motivasi Raffi untuk semakin tinggi berusaha setiap hari untuk mencapai yang terbaik.

Perjuangannya itu pun terbayarkan hingga dirinya bisa meraih mimpi menjadi Sarjana Arsitektur di Universitas Negeri Semarang. Sebuah perjalanan yang panjang, dan tentunya juga tidak mudah untuk diselesaikan. “Jalan yang saya lalui tidaklah mudah,” ungkapnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More