6 Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan BMKG, Nomor Terakhir dari Lulusan Teknik

Jum'at, 31 Maret 2023 - 17:08 WIB
Sedikitnya ada enam jurusan kuliah yang dibutuhkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Foto DOK ist
JAKARTA - Sedikitnya ada enam jurusan kuliah yang dibutuhkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) . Salah satu di antaranya berasal dari jurusan teknik.

BMKG merupakan lembaga pemerintahan Non Departemen yang berwenang untuk melaksanakan tugas pemerintahan dalam bidang Meteorologi Klimatologi, Kualitas Udara dan Geofisika.

Menjadi salah satu lembaga penting dalam pemerintahan, setiap tahunnya BMKG membutuhkan sejumlah pegawai dari beberapa jurusan kuliah.



Jurusan Kuliah yang dibutuhkan BMKG

Berikut enam jurusan kuliah yang dibutuhkan oleh BMKG :

1. Meteorologi

Meteorologi merupakan jurusan kuliah yang sangat dibutuhkan oleh BMKG. Hal itu dikarenakan lulusan dari jurusan ini dianggap sudah paham tentang bumi dan gejalanya.

Mahasiswa dari jurusan meteorologi juga telah dibekali dengan ilmu mengenai cuaca, iklim, gejala alam hingga bencana alam. Jurusan meteorologi kini sudah tersedia di beberapa kampus, salah satunya Institut Teknologi Bandung (ITB).

2. Klimatologi

Klimatologi juga termasuk jurusan yang kerap dibutuhkan oleh BMKG. Jurusan ini nantinya akan melahirkan lulusan yang paham terkait iklim dan cuaca. Hal itu tentu sesuai dengan tugas pemerintah untuk BMKG.

Lulusan dari jurusan klimatologi telah dibekali dengan kemampuan untuk melakukan pengamatan terhadap seluruh unsur klimatologi sampai dengan pengolahan dan analisa klimatologi.

3. Astronomi

Jurusan astronomi merupakan jurusan yang terbilang unik dan langka. Jurusan yang dibutuhkan oleh BMKG ini hanya tersedia satu di Indonesia, tepatnya Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Teknologi Bandung (ITB).
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More