Prospek Kerja Lulusan PKN STAN, Otomatis PNS dan Duduki Posisi Strategis di Instansi Negara

Kamis, 27 April 2023 - 15:20 WIB
Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN. Foto/Dok/PKN STAN
JAKARTA - Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN masih menjadi salah satu sekolah kedinasan favorit pilihan siswa ketika lulus SMA/SMK. Jaminan PNS, berkarier di Kementerian Keuangan, dan instansi pemerintah lainnya menjadi daya tarik tersendiri.

Selain PKN STAN, sebenarnya ada banyak sekolah kedinasan yang tersedia di Indonesia di antaranya STIS, STSN, IPDN, STIN, Poltekim, dan masih banyak lagi. Namun, dari 5 sekolah kedinasan tersebut, STAN paling banyak diminati lulusan SMA/SMK dengan 17.912 pendaftar pada 2022.



Peringkat kedua terbanyak Politeknik Statistika (STIS) dengan 12.441 pendaftar, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) 11.625 pendaftar, Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) 7.925 pendaftar, dan Politeknik Imigrasi (Poltekim) 5.547 pendaftar.

Sebagai sekolah kedinasan, lulusan PKN STAN akan menjadi CPNS di berbagai instansi pemerintahan. Secara umum dan sebagian besar lulusan STAN akan ditempatkan di lingkungan Kementerian Keuangan, namun sebagian lainnya juga ditempatkan di instansi pemerintah lain.

Berikut ini prospek kerja lulusan PKN STAN:



1. Direktorat Jenderal Pajak (DJP)

Lulusan STAN yang ditempatkan di kantor DJP bertugas untuk merumuskan serta melaksanakan kebijakan di bidang perpajakan sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.



2. Direktorat Bea dan Cukai

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More