6 PTN Ini Menyediakan Program Student Exchange, Lihat Daftarnya

Senin, 22 Mei 2023 - 14:54 WIB
Berikut daftar 6 PTN yang menyediakan program student exchange. Foto/Dok/Humas UI.
JAKARTA - Program student exchange atau pertukaran mahasiswa ke luar negeri banyak dibuka oleh perguruan tinggi. Berikut SINDOnews rangkum 6 PTN yang menyediakan program kuliah di luar negeri tersebut.

Pertukaran mahasiswa ke luar negeri bisa memberi banyak manfaat untuk mahasiswa. Seperti pengalaman belajar dengan meningkatkan hardskill dan softskill.

Lalu mana saja Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang membuka program pertukaran mahasiswa ke luar negeri? Berikut ini 6 di antaranya.

1. Universitas Indonesia (UI)



UI mempunyai program outbound student exchange yang ditawarkan kepada mahasiswa UI yang memenuhi kualifikasi dari UI dan universitas rekanan.

Mahasiswa akan bisa belajar di universitas mitra luar negeri selama 1-2 semester. Mahasiswa hanya akan membayar biaya kuliah di UI dan dibebaskan dari pembayaran biaya kuliah ke universitas rekanan.

Baca juga: Rekrutmen Dosen Tidak Tetap Peneliti ITB Dibuka, Dapat Gaji dan Hibah Ratusan Juta

Beberapa perguruan tinggi yang telah menjalin kerjasama dengan UI di antaranya Nederlandse Taalunie (NTU), Instituto Camoes, Lisbon, Helnrich-Heine University Duesseldoft, Germany, The University of Sydney, serta masih banyak lagi.

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB juga menawarkan program pertukaran mahasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa universitas mitra yang mempunyai perjanjian pertukaran akademik dan nota kesepahaman mengenai pertukaran mahasiswa.

Selain memiliki relasi yang luas di dalam negeri, ITB juga telah membentangkan sayapnya sampai ke luar negeri dengan beberapa mitra kerja samanya mulai dari bidang industri hingga pendidikan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More