5 Jurusan Kuliah Langka di Dunia, Cek Juga Prospek Kerjanya

Selasa, 23 Mei 2023 - 07:30 WIB
5 jurusan kuliah langka di dunia dan prospek kerjanya. Foto/Dok/SINDOnews.
JAKARTA - Studi di perguruan tinggi adalah langkah penting dalam mencapai pendidikan tinggi. Banyak mahasiswa memilih jurusan kuliah populer seperti ilmu komputer, bisnis, atau kedokteran.

Namun, ada juga beberapa jurusan kuliah yang lebih langka dan unik di dunia. Berikut ini adalah 5 contoh jurusan kuliah yang langka dan menarik.

1. Astrobiologi



Astrobiologi adalah studi tentang kehidupan di luar bumi. Jurusan ini menggabungkan bidang astronomi, biologi, dan ilmu pengetahuan lainnya untuk mempelajari asal usul kehidupan di alam semesta.

Mahasiswa jurusan astrobiologi juga akan mempelajari tentang eksoplanet, mikroorganisme ekstrem, evolusi, dan metode pencarian kehidupan di luar Bumi. Jurusan ini masih tergolong langka karena kompleksitas dan keterkaitannya dengan banyak bidang ilmu.

Baca juga: 2 Bidang Ilmu BINUS Naik Peringkat dalam QS World University Rankings 2023 by Subject

Para lulusan astrobiologi dapat bekerja sebagai peneliti di lembaga penelitian astrofisika atau astronomi, atau bahkan bekerja sama dengan badan antariksa untuk mengembangkan metode pencarian kehidupan di luar planet kita.

2. Pemikiran Mitos dan Legenda atau Folkoristik



Jurusan Pemikiran Mitos dan Legenda atau yang lebih dikenal dengan folkoristik berfokus pada studi tentang mitos, cerita rakyat, legenda, dan budaya lisan dari berbagai budaya di dunia.

Mahasiswa akan belajar menganalisis dan menginterpretasikan cerita rakyat dalam konteks sejarah, sosial, dan budaya. Mereka juga akan mempelajari peran mitos dan legenda dalam membentuk identitas dan pemikiran manusia.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More