Mengapa Kuliah S2-S3 Itu Penting? Guru Besar Unpad Jelaskan Alasannya

Jum'at, 26 Mei 2023 - 10:38 WIB
Sejumlah alasan mengapa lanjut kuliah S2 dan S3 itu penting. Foto/Shutterstock.
JAKARTA - Tuntutlah ilmu setinggi langit. Ini bisa menjadi satu dasar untuk menempuh pendidikan tidak sebatas kuliah Sarjana (S1) namun lanjut ke kuliah S2 hingga S3.

Guru Besar Ilmu Matematika dan Keuangan Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran (Unpad) Prof. Dr. Sukono mengatakan, ada beberapa alasan mengapa studi lanjut jenjang Pascasarjana atau Magister dan doktor itu harus diambil.

Hal tersebut disampaikan Prof. Sukono dalam webinar “Mengenal Riset Pascasarjana Matematika yang Unggul dan Mendunia” yang dilaksanakan FMIPA Unpad.

Jadi yang Paling Unggul



Dia menjelaskan, alasan yang pertama adalah studi lanjut, baik S2 maupun S3 menjadikan diri sebagai orang yang lebih unggul. “Artinya, kalau S2 tentu harus unggul dari S1. Kalau S3 harus unggul dari S2,” katanya, dikutip dari laman Unpad, Jumat (26/5/2023).

Baca juga: 93 Jurusan Kuliah UGM Siap Terima Mahasiswa Baru Lewat UM-CBT 2023

Agar Jumlah Dosen S3 Bertambah



Alasan kedua, lanjutnya, untuk membantu pertumbuhan intelektual di Indonesia. Menurut data yang dipaparkan oleh Prof. Sukono, pada 2017 baru hanya sekitar 31 ribu dari 270 ribu dosen saja yang sudah menempuh jenjang S3.

“Kalau kita membandingkan dengan beberapa negara, Indonesia hanya 143 doktor/1 juta penduduk. Inilah yang membuat Indonesia ini lambat sekali untuk mencapai negara maju,” jelasnya.

Pengalaman Berharga

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More