Apakah Lulusan Paket C SMA Bisa Kuliah di Perguruan Tinggi? Begini Jawabannya

Rabu, 07 Juni 2023 - 12:15 WIB
Lulusan Paket C SMA memiliki kesempatan yang sama untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Foto DOK ist
JAKARTA - Lulusan Paket C SMA memiliki kesempatan yang sama untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi . Kejar paket C merupakan sebuah program pendidikan untuk mendapatkan ijazah penyetaraan.

Pendidikan ini dilakukan melalui jalur pendidikan diluar sekolah formal. Program ini juga bisa diikuti oleh siapapun tanpa batas usia asalkan memiliki ijazah SMP.

Program ini juga diadakan oleh pemerintah guna memberikan kesempatan bagi seluruh masyarakat untuk mendapatkan ijazah. Oleh karenanya, program ini sangat membantu seseorang yang terkendala pendidikan formal.





Lalu, apakah lulusan Paket C SMA dapat melanjutkan pendidikan di jenjang perguruan tinggi? Jawabannya adalah bisa. Ijazah yang diperoleh dari program ini memiliki tingkatan pendidikan setara SMA.

Oleh karenanya para lulusan pendidikan paket C ini hanya perlu mencari perguruan tinggi yang menerima lulusan dari paket C. Perlu diketahui jika lulusan Paket C hanya bisa mendaftar ke beberapa jurusan saja alias terbatas.

Dikutip dari laman resmi Kemendikbud, lulusan Paket C bisa mendaftarkan diri ke berbagai perguruan tinggi baik swasta maupun negeri. Jika ingin mendaftar ke PTN, lulusan paket c bisa memilih jalur SBMPTN atau seleksi mandiri.

Para lulusan Paket C juga bisa melanjutkan pendidikan di berbagai jurusan, tergantung pada persyaratan masing-masing universitas.

Beberapa jurusan kuliah yang mungkin bisa menjadi pertimbangan lulusan Paket C antara lain sebagai berikut:

1. Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika sangat cocok bagi lulusan Paket C yang tertarik dengan bidang teknologi informasi. Jika ingin belajar di jurusan kuliah ini, nantinya akan diajarkan tentang pembuatan aplikasi, pemrograman hingga pengembangan teknologi.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More