Ini Sederet Pengaruh IPK pada Dunia Pekerjaan, Para Mahasiswa Wajib Tahu

Kamis, 15 Juni 2023 - 17:05 WIB
Wawancara kerja fresh graduate. Foto/Ist
JAKARTA - Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) merupakan pencapaian seorang mahasiswa di bidang akademik. Tak sedikit mahasiswa yang belajar dengan keras agar bisa mendapatkan IPK yang tinggi bahkan terbaik.

Dengan memiliki IPK tinggi, banyak manfaat yang diraih oleh mahasiswa , mulai dari mendapatkan peluang kerja hingga kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.



Di dunia kerja, nilai IPK yang baik dianggap memiliki pengaruh. Berikut beberapa pengaruh IPK pada dunia pekerjaan.



Beberapa pengaruh IPK pada dunia pekerjaan:



1. Syarat Awal

IPK merupakan salah satu persyaratan yang dicantumkan dalam lowongan kerja CPNS, rekrutmen BUMN, dan lowongan kerja yang dibuka oleh berbagai perusahaan lainnya.

IPK menjadi penilaian awal oleh HRD perusahaan terhadap kompetensi teknis sebelum kandidat dipanggil untuk mengikuti proses selanjutnya.

Seorang kandidat dengan IPK tinggi akan dipandang memiliki pemahaman teori dan aplikasi yang sangat baik. Oleh karena itu, memiliki IPK tinggi merupakan poin plus pelamar kerja.

Meskipun ada beberapa perusahaan yang tidak terlalu mementingkan nilai IPK, namun rata-rata perusahaan besar dan bertaraf internasional sangat memperhatikan IPK calon kandidatnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More