5 Universitas dengan Jurusan Kehutanan Terbaik di Indonesia, Cek Peluang Kerjanya

Kamis, 06 Juli 2023 - 14:25 WIB
5 universitas dengan jurusan kehutanan terbaik di Indonesia. Foto/SINDOnews.
JAKARTA - Bagi calon mahasiswa baru yang ingin masuk jurusan Kehutanan ada lima perguruan tinggi dengan jurusan Kehutanan berstatus Unggul di Indonesia. Berikut ini daftarnya.

Sebagian besar daratan di Indonesia adalah hutan. Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melaporkan total luas kawasan hutan di Indonesia mencapai 125,76 juta hektare pada 2022.

Oleh karena itu, hutan menjadi salah satu elemen penting bagi Indonesia dan juga bumi. Hutan menjadi tempat bernaung berbagai macam makhluk hidup hingga mengurangi global warming.

Hutan pula menyediakan kebutuhan kayu untuk kebutuhan rumah tangga dan industri. Karena peran hutan yang penting ini, ada berbagai studi yang dilakukan dalam pengelolaan hutan.

Perguruan tinggi di Indonesia pun sudah banyak yang memiliki fakultas atau jurusan Kehutanan. Dikutip dari laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) ada lima kampus dengan jurusan Kehutanan yang terakreditasi Unggul.

Baca juga: 7 Kampus Negeri Favorit di Semarang, Tak Hanya Undip!

Dikutip dari laman BAN PT berikut ini daftar kampusnya berikut sekilas profil jurusan dari laman resmi masing-masing kampus.

5 Universitas dengan Jurusan Kehutanan S1 Unggul di Indonesia

1. Universitas Muhammadiyah Makassar



Program studi Kehutanan di Universitas Muhammadiyah Makassar didirikan pada 24 Mei 2006.

Memiliki visi menjadi prodi unggul di bidang iptek Kehutanan dan menghasilkan SDM berdaya saing tinggi dalam pengelolaan hutan yang berbasis masyarakat dan berkarakter islami pada 2024.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More