Teks Eksposisi: Penjelasan, Struktur, dan Contoh

Jum'at, 14 Juli 2023 - 14:30 WIB
Mengenal Teks Eksposisi, penjelasan, struktur, dan juga contoh kalimatnya. Foto/Dok/Zenius.
JAKARTA - Teks eksposisi adalah salah satu macam teks dalam literasi bahasa Indonesia yang bertujuan untuk mengajarkan suatu topik dan menjelaskan suatu masalah yang memerlukan perhatian karena dianggap penting. Mari kita mengetahui contoh kalimatnya.

Teks eksposisi juga menyajikan informasi secara objektif dan rinci sehingga pembaca dapat menambah pengetahuan dan wawasan.

Struktur Teks Eksposisi



Pada umumnya, teks eksposisi memiliki tiga bagian utama yang adalah tesis, argumen, dan penegasan ulang.

1. Tesis



Bagian pembuka dari teks eksposisi dapat disebut sebagai tesis.tesis memiliki peran yang penting karena tesis adalah bagian pengenalan isu atau pandangan penulis terhadap topik yang akan dibahas

2. Argumen



Argumen adalah tempat untuk memaparkan sejumlah pendapat atau argumen penulis untuk menjelaskan pandangan penulis dalam tesis. Dalam argumen penulis juga dapat menggunakan faktar untuk memperkuat argumennya.

Baca juga: Tanggapi Kecurangan PPDB, Muhadjir: Kalo Sejak Awal Anak Dididik Curang Nanti Jadi Calon Koruptor

3. Penegasan Ulang



Dalam penugasan ulang penulis dapat menegaskan kembali pendapat yang dikemukakan pada bagiian argumen, begitu juga memberikan saran atau rekomendasi terhadap permasalahan yang diangkat

Contoh Teks Eksposisi

1. Manfaat Olahraga bagi Kesehatan



Olahraga adalah kegiatan fisik yang melibatkan gerakan tubuh secara teratur. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari rutinitas olahraga bagi kesehatan seseorang. Pertama, olahraga dapat meningkatkan kebugaran fisik. Dengan berolahraga secara teratur, jantung dan paru-paru akan lebih kuat, sehingga tubuh menjadi lebih bugar dan tahan terhadap penyakit.

Selain itu, olahraga juga dapat membantu mengendalikan berat badan. Dalam rutinitas olahraga, kalori terbakar dan lemak terbakar sehingga membantu mengurangi kelebihan berat badan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More