5 Kampus yang Menyediakan Prodi Teknik Perkeretaapian di PTN, Kedinasan, hingga PTS

Jum'at, 21 Juli 2023 - 08:15 WIB
Berlokasi di kota Madiun, Jawa Timur, Politeknik Perkeretaapian ini merupakan sebuah perguruan tinggi vokasi negeri yang berada di bawah Kementerian Perhubungan. Mereka memiliki visi menjadi pusat unggulan dan inovasi pendidikan serta pelatihan vokasi di bidang teknis perkeretaapian berbasis teknologi global.



Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun. Foto/YouTubePoliteknik Perkeretaapian Indonesia Madiun.

Pada daftar jurusan yang dimiliki, di antaranya adalah D-III Teknik Bangunan dan Jalur Perkeretaapian, D-III Teknologi Elektro Perkeretaapian, D-III Teknik Mekanika Perkeretaapian, dan D-III Manajemen Transportasi Perkeretaapian.

4. Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD)



Seperti Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun, STTD juga berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan. Dari sekian program studi yang dimiliki, mereka juga menyediakan D-III Manajemen Transportasi Perkeretaapian.



PTDI. Foto/YouTube PTDI

Tujuan pendirian prodi tersebut adalah untuk mendidik sumber daya ahli di bidang manajemen transportasi perkeretaapian.

5. Universitas Pancasila



Universitas Pancasila baru saja membuka program studi (prodi) Teknik Perkeretaapian. Berada di Fakultas Teknik, pembukaan prodi ini diharapkan bisa memberi kontribusi untuk kebutuhan sumber daya manusia di bidang perkeretaapian Indonesia.



Universitas Pancasila. Foto/SINDOnews.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Pancasila Dr.Ir.Budhi Muliawan Suyitno menyebutkan bahwa pembukaan prodi Teknik Perkeretaapian itu menunjukkan keseriusan pihaknya untuk ikut membangun kebutuhan sumber daya manusia yang mumpuni di bidang perkeretaapian.

Itulah sejumlah perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki prodi Teknik Perkeretaapian. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More