10 Jurusan Favorit UIN, IAIN dan STAIN 2023, Ada Incaranmu?

Senin, 07 Agustus 2023 - 17:31 WIB
Salah satu jurusan favorit di UIN, IAIN dan STAIN 2023 adalah jurusan Manajemen Keuangan Syariah yang antara lain mempelajari soal manajerial keuangan.Foto/Ist
JAKARTA - Ini deretan jurusan favorit di UIN, IAIN dan STAIN tahun 2023.Berada di bawah naungan Kementerian Agama, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri atau PTKIN memang cukup banyak peminatnya.

Ada tiga jenis perguruan tinggi yang termasuk ke dalam kategori ini, yaitu universitas Islam negeri (UIN), institut agama Islam negeri (IAIN), dan sekolah tinggi agama Islam negeri (STAIN).Buat kamu yang tertarik masuk perguruan tinggi Islam negeri tetapi masih bingung menentukan jurusan, simak deretan jurusan favorit di UIN, IAIN, dan STAIN berikut ini yang dirangkum dari berbagai sumber.

Daftar 10 Jurusan Favorit UIN, IAIN dan STAIN

1.Manajemen Keuangan Syariah



Seperti yang kita tahu, keuangan syariah memang sedang menjadi jurusan favorit UIN, IAIN, dan STAIN. Masih banyak juga orang yang hanya mengikuti tren tanpa mempelajari apa itu keuangan syariah.

Jika kamu tertarik menggeluti bidang ini, maka kamu pun bisa mengambil jurusan Manajemen Keuangan Syariah di jenjang perguruan tinggi. Sebagai info untuk kamu, Manajemen Keuangan Syariah adalah sebuah kegiatan manajerial keuangan untuk mencapai tujuan dengan memperhatikan kesesuaiannya pada prinsip prinsip Syariah dalam agama Islam.

2. Ekonomi Syariah



Ekonomi Syariah umumnya akan mempelajari ilmu dan teori ekonomi mikro dan ekonomi makro, namun dari perspektif Islam. Salah satu jurusan favorit UIN, IAIN, dan STAIN.

Perspektif islam yang dimaksud ialah segala aspek dalam kegiatan perekonomian seperti aturan jual-beli, sewa-menyewa, hutang-piutang, simpan-pinjam, dan bagi hasil yang telah diatur dalam hukum Islam. Sebagai lulusan jurusan ini nantinya kamu bisa berkarier di berbagai lembaga keuangan, baik di bank maupun non-bank berbasis syariah maupun non-syariah.

3. Perbankan Syariah

Saat ini, jurusan Perbankan Syariah bisa dibilang menjadi salah satu jurusan favorit UIN, IAIN, dan STAIN yang kian banyak peminatnya. Hal ini dikarenakan menyesuaikan kebutuhan lapangan kerja yang semakin banyak membutuhkan lulusan jurusan yang satu ini.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More